Terbit: 2 Mei 2018 | Diperbarui: 23 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rambut tumbuh tidak sempurna adalah masalah yang dihadapi banyak orang dari segala usia. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan memilih produk perawatan rambut. Bukannya sehat, rambut malah semakin rusak, rontok, dan membuat kita semakin tidak percaya diri.

3 Cara Menggunakan Sari Kentang untuk Pertumbuhan Rambut

Karenanya, daripada mengambil lebih banyak risiko, coba cara yang alami. Salah satu bahan yang sangat ampuh mengatasi masalah rambut adalah kentang. Caranya adalah dengan menghancurkannya hingga jadi jus, kemudian menambahkannya dengan bahan-bahan tertentu. Berikut beberapa cara penggunaan beserta manfaatnya.

1. Sebagai Serum Malam

Campurkan 1 sdm jus kentang dengan 4-5 tetes jus lemon, seperempat sdt kunyit, dan setengah sdm minyak kelapa. Gunakan sepanjang malam, dan bilas pada pagi harinya. Kombinasi ini akan mengecilkan pori-pori, menghilangkan kuman dan kotoran, memperkuat akar, dan membuat rambut lebih indah.

2. Sebagai Eksfoliator Kulit Kepala

Tambahkan 1 sdt oatmeal rebus ke dalam jus potato dan setengah sdm cengkeh bubuk. Gosokkan ke kulit kepala 15 menit sebelum keramas. Gunakan setiap hari selama dua minggu untuk menghilangkan ketombe dan kotoran di kulit kepala, menghidrasi sel, dan melembutkan akar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Sebagai Conditioner Sebelum Sampoo

Campurkan 3 sdt jus kentang ke dalam setengah sdt gliserin, setengah sdt krim susu mentah, dan 5-5 tetes madu. Gunakan dari akar hingga ujung rambut, dan biarkan selama 20 menit sebelum dibilas. Campuran ini akan menghilangkan bakteri, dan melembutkan rambut. Selain itu, gliserin akan membantu pertumbuhan rambut agar lebih sehat dan tebal.

Selain lebih aman karena berasal dari bahan alami, penggunaan kentang juga terbukti cukup ampuh untuk mengatasi masalah rambut. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan rambut cantik.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi