Terbit: 26 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seberapa sering Anda mengonsumsi daging? Daging tentu menjadi bahan makanan sumber protein yang banyak dipilih karena ketersediaannya cukup banyak. Untuk itu penting bagi kita mengetahui bagaimana cara memilih daging yang benar dan sehat.

3 Cara Memilih Daging yang Sehat

Beberapa jenis daging yang cukup sering kita konsumsi adalah daging merah dan daging unggas. Umumnya cara memilih kedua daging ini tidak banyak berbeda. Beberapa tips dalam memilih daging yang sehat adalah:

1. Utamakan memilih daging yang masih segar

Dibandingkan daging yang diproses, misalnya sosis, dendeng atau daging kaleng, kita jauh lebih dianjurkan mengonsumsi daging segar. Berbagai asosiasi kesehatan dunia menganjurkan agar konsumsi daging yang diproses sebaiknya sangat dibatasi.

Memilih daging segar yang sehat bisa kita lihat dari penampakan daging yang masih baik, warna yang segar dan tidak berbau busuk. Utamakan memilih atau membeli daging yang disimpan pada suhu dibawah 4 derajat celsius.

2. Memilih daging organik

Daging organik terjamin bebas dari penggunaan zat kimia selama baik penambahan hormon ataupun pupuk kimia pada pakan ternak. Hal ini yang membuat daging organik cenderung lebih terjamin kualitasnya karena bebas bahan kimia.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Tidak perlu menghindari lemak pada daging

Daging merupakan bahan makanan yang banyak mengandung lemak, namun bukan berarti kita harus menghindarinya saat membelinya. Persiapan dan metode pemasakan yang tepat bisa kita lakukan untuk mengurangi kandungan lemak pada daging.

Hal ini dilakukan dengan menghilangkan lemak yang terlihat pada daging saat mempersiapkan/ membersihkan daging merah dan tidak menggunakan bagian kulit pada daging unggas. Selain itu metode masaklah yang selanjutnya menentukan banyak atau tidaknya kandungan lemak pada daging yang akan kita konsumsi.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memilih daging yang sehat. Cukup mudah dilakukan, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi