Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Melakukan perawatan tubuh adalah salah satu hal yang wajib dilakukan jika menginginkan kulit yang sehat, bersih dan juga cantik. Jika tak ada waktu, Anda bisa datang ke tempat perawatan kecantikan. Tapi jika ingin solusi yang lebih murah dan Anda bisa lakukan di rumah, maka yang satu ini tak boleh dilewatkan. Bahan utamanya mudah sekali didapatkan, bahkan selalu ada di dapur. Itu adalah kopi bubuk. Tak hanya membuat hari jadi bersemangat, kopi ternyata bagus juga untuk kulit. Wanginya pun sangat enak, setuju kan?

3 Cara Memanfaatkan Kopi untuk Scrub Tubuh

Berikut ada beberapa scrub atau lulur dari kopi yang bisa Anda buat sendiri di rumah beserta manfaatnya, dilansir dari Stylecaster.com:

Lulur Seluruh Tubuh

Anda akan butuh ½ cangkir kopi bubuk, ½ cangkir gula palem, ¼ minyak kelapa dan 1 sdt kayu manis. Campur semua bahan tersebut hingga rata lalu lulurkan pada semua bagian tubuh. Gosok dan pijat hingga kulit terasa nyaman beberapa saat. Lulur ini juga bisa disimpan loh asal dengan wadah kedap udara.

Kombinasi 4 bahan ini membuat kulit jadi lebih sehat dari pemakaian pertama. Minyak berlebih akan hilang, kulit mati juga akan terangkat sehingga kulit jadi lembut.

Lulur untuk Kaki dan Tangan

Siapkan 1 cangkir gula pasir, ½ cangkir kopi bubuk kering, 1 sdt ekstrak kopi, 1 sdt ekstrak hazelnut, ½ cangkit minyak almond dan 1 sdt ekstrak coklat. Campur semua bahan hingga rata dan siap digunakan. Ambil sebagian lalu gosokkan pada tangan dengan gerakan memutar. Setelah beberapa saat bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk. Lakukan yang serupa pada kaki.

Lulur yang satu ini sangat bagus untuk melembutkan kaki dan juga tangan. Setelah menggunakannya Anda akan merasakan kaki dan tangan yang lebih lembut, halus dan juga lembab.

Masker Wajah

Untuk membuat masker wajah kopi ini Anda akan butuh 2 sdm kopi bubuk, 2 sdm bubuk coklat, 3 sdm yogurt dan 1 sdm madu. Campur semua bahan dan aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan kain yang sudah direndam dengan air hangat. Mudah sekali kan?

Masker ini dipercaya akan menghasilkan kulit yang bersih dan bersinar sepanjang hari, terutama jika digunakan di pagi hari. Kulit akan teremajakan karena kandungan antioksidan yang menghilangkan toksin dari kulit.

Tak ada lagi alasan untuk malas untuk melakukan perawatan kulit kan kalau bahannya saja bisa Anda dapatkan di dapur? Yuk coba segera.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi