Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda kesulitan untuk mencukupi kebutuhan serat? Kebutuhan asupan serat harian tubuh yang tinggi memang sulit dipenuhi jika tidak memiliki cara jitu untuk mencukupinya. Untuk itu ketahui apa saja cara-cara jitu memenuhi asupan serat harian tubuh.

3 Cara Jitu Meningkatkan Asupan Serat Tubuh

Kebutuhan serat harian orang dewasa adalah 25-35 gram dalam sehari, dengan menerapkan pola makan yang seimbang dan bervariasi kita sudah bisa memenuhi kebutuhan tersebut karena salah satu poin pemenuhan pola makan seimbang adalah dengan dengan diiringi konsumsi 400 gram konsumsi buah dan sayur.

Untuk itu, dietitian dari Healthline, Kerri-Ann, menganjurkan beberapa cara agar asupan serat tubuh dapat terpenuhi di antaranya:

  1. Mengonsumsi sayur terlebih dahulu saat makan utama

  2. Golongan makanan apa yang Anda konsumsi terlebih dahulu saat makan utama? Jika umumnya kita mengonsumsi sayur tidak sebagai prioritas saat makan, maka kini coba ubah dengan menghabiskan terlebih dahulu sayur saat makan. Sayur memiliki kandungan serat tinggi, rendah kalori dan dapat membuat kita merasa kenyang. Umumnya jika kita mengonsumsi makanan berkarbohidrat terlebih dahulu maka saat hendak makan sayur perut sudah kenyang dengan makanan berkarbohidrat hingga enggan makan sayur.

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  3. Hanya mengonsumsi camilan dari plant based food

  4. Ganti camilan yang tinggi karbohidrat dan protein dengan makanan dari tanaman, kacang-kacangan, buah dan sayur tentu bisa kita olah menjadi banyak camilan. Salad buah, buah potong, es buah hingga rujak buah ala Indonesia bisa menjadi pilihan camilan sehat dari plant based food. Anda tentu menyukainya kan?

  5. Tidak mengupas kulit buah dan sayur

  6. Kulit buah dan sayur juga memiliki banyak kandungan gizi termasuk serat lo. Jadi jika biasanya Anda masih mengupas kulit buah dan sayur maka kini usahakan tetap mengonsumsi kulitnya, utamanya sayur dan buah berkulit tipis misalnya wortel, timun, anggur dan apel.

Nah, itu dia tiga tips agar asupan serat tubuh kita meningkat, cukup mudah dilakukan, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi