Terbit: 15 April 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain organ intim, payudara merupakan bagian terpenting dari wanita yang harus di jaga kesehatannya. Tidak hanya kesehatannya saja, namun juga keindahan bentuknya juga harus selalu diperhatikan. Tak heran jika banyak wanita yang mencoba membesarkan dan mengencangkan payudara dengan cara tertentu, seperti perawatan di dokter, bahkan dengan pengunaan implant atau silikon.

3 Cara Alami Mengencangkan Payudara Pasca Melahirkan dan Menyusui

Keindahan payudara memang tidak akan bertahan selamanya, karena seiring berjalannya waktu, kekencangan dan keindahan payudara akan berkurang secara alami. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti melahirkan dan menyusui, peregangan jaringan ligamen, gaya hidup yang tidak sehat, serta kurangnya olahraga.

Payudara kendur akan terlihat kurang menarik sehingga membuat wanita merasa tidak percaya diri, apalagi wanita yang baru saja melahirkan dan menyusui. Untuk itu, ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengencangkan payudara setelah melahirkan dan menyusui, diantaranya:

1. Perawatan Masker Payudara

Bukan hanya wajah saja yang perlu Anda rawat menggunakan masker, payudara juga bisa Anda rawat menggunakan masker untuk bisa mengencangkannya kembali. Masker yang akan Anda racik untuk payudara ini juga terbuat dari bahan alami, yakni mentimun dan kuning telur. Seperti yang Anda ketahui bahwa bahan alami tidak akan memberikan efek samping yang berarti bagi kesehatan tubuh, sehingga aman untuk digunakan. Cara pembuatan masker alami ini,  Anda hanya cukup menghaluskan mentimun, lalu campurkan dengan kuning telur. Setelah ke dua bahan tersebut tercampur, oleskan pada payudara, tunggu hingga kering. Kemudian bilas dengan air hangat.

2. Olahraga

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa faktor penyebab kendurnya payudara selain pasca melahirkan dan menyusui adalah kurangnya olahraga. Oleh sebab itu, jika setelah melahirkan Anda ingin mengencangkan payudara Anda kembali, maka lakukanlah olahraga secara rutin. Tidak perlu melakukan latihan yang cukup berat, Anda bisa mencoba latihan push-up di rumah. Push-up bisa mengencangkan dan memperkuat otot punggung dan dada sehingga akan membuat payudara tampak lebih kencang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Mengonsumsi Ramuan Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang baik untuk pencernaan. Ketika Anda memiliki masalah dengan sistem pencernaan seperti susah buang air besar, maka Anda bisa mengonsumsi buah yang kaya akan serat ini. Tidak hanya itu, pepaya juga bisa mengembalikan kekencangan payudara wanita pasca melahirkan dan menyusui. Hal ini disebabkan karena pepaya mengandung enzim yang dapat mengembalikan jaringan tubuh yang rusak. Cara mengencangkan payudara dengan pepaya adalah dengan mengolahnya menjadi ramuan. Anda hanya perlu mencampur pepaya dengan susu kedelai, perasan jeruk nipis, serta satu sendok makan madu, kemudian Anda bisa menghaluskannya menjadi jus. Minumlah ramuan ini secara rutin setidaknya dua kali sehari.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi