DokterSehat.Com– Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh ibu hamil yang akan menjalani operasi caesar adalah: berapa lama luka bekas operasi caesar bisa sembuh? Hal ini merupakan salah satu risiko operasi caesar yang berhak diketahui oleh para ibu. Pasalnya, banyak ibu yang ingin kembali aktif setelah melahirkan sehingga ingin cepat pulih pascaoperasi.

doktersehat-wanita-rahim-hamil

Berapa lama luka bekas operasi caesar bisa sembuh?

Anda tentu mengetahui bahwa operasi caesar termasuk operasi besar yang membutuhkan waktu pemulihan cukup lama. Sama halnya dengan waktu kesembuhan luka yang lain, pemulihan luka pada satu individu dapat berbeda dengan individu yang lain. Selain itu pemulihan juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti penyakit diabetes.

Umumnya luka bekas operasi caesar dapat berlangsung selama 4-6 minggu setelah operasi caesar, namun untuk pulih total membutuhkan waktu lebih lama yaitu sekitar 12-14 minggu.

Cara agar luka operasi caesar cepat pulih

Melahirkan dengan operasi caesar berbeda dengan melahirkan dengan normal, waktu penyembuhan dari operasi caesar juga lebih lama dari persalinan normal. Anda tidak perlu kecil hati jika melihat teman-teman Anda yang sudah bisa beraktivitas lagi setelah melahirkan sementara Anda masih harus sering merasa kesakitan ketika naik turun tangga.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat pemulihan luka operasi caesar, seperti dilansir dari New Kids Center berikut ini:

1. Merawat luka operasi caesar dengan baik
Salah satu kunci utama dalam pemulihan pascaoperasi caesar adalah dengan menjaga dan merawat luka bekas operasi dengan baik. Saat mandi, Anda dapat membasuh lukanya dengan air dan sabun, lalu gosok dengan lembut. Setelah mandi, keringkan menggunakan handuk bersih dengan usapan lembut. Pastikan Anda mengeringkannya dengan baik untuk mencegah infeksi.

2. Jaga stamina Anda, jangan kelelahan
Merawat bayi memang melelahkan, namun Anda perlu memerhatikan kondisi badan Anda. Letakkan barang-barang yang Anda perlukan berada di sekitar Anda untuk memudahkan pergerakan Anda. Untuk sementara kurangi pekerjaan rumah tangga yang berat yang dapat memicu peregangan pada bekas luka.

3. Pola makan yang baik
Untuk mendukung pemulihan, Anda sebaiknya makan makanan yang sehat dan mengandung protein serta minum banyak cairan.

Setelah operasi, biasanya Anda diminta membuat janji dengan dokter untuk memeriksa kondisi jahitan dan memeriksa kondisi kesehatan Anda setelah melahirkan. Gunakan kesempatan konsultasi tersebut untuk membicarakan keluhan atau perkembangan kondisi Anda setelah operasi.