Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 18 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda menyukai warna ungu? Warna ungu alami pada makanan, misalnya buah beri atau ubi ungu memang menarik ya. Jika Anda terbiasa mengonsumsinya secara langsung maka mengolahnya menjadi camilan sehat tentu bisa membuat kita semakin menikmatinya kan?

3 Camilan Sehat Dari Makanan Berwarna Ungu

Buah berwarna ungu memiliki keunggulan berupa kandungan antioksidan yang tinggi dari pigmen warnanya. Kita bisa memperoleh manfaat tersebut dengan mengonsumsi buah atau sayur berwarna ungu, misalnya kentang ungu, kubis ungu, ubi dan blueberi serta buah plum atau plum kering (prune).

Dietitian Julie Upton memberikan contoh menu camilan sehat yang bisa dengan mudah kita buat, yaitu:

1. Muffin blueberi

Muffin kini sudah banyak dijual di pasaran, selain itu kita juga bisa membuatnya dengan berbagai varian dan tambahan isi. Pilih buah blueberi untuk ditambahkan di dalam adonan muffin. Selain menambahkan tekstur dan warna muffin yang unik, rasa manis alami dari buah blueberi tentu akan meningkatkan cita rasa muffin. Penggunaan mentega rendah lemak dan pemanis rendah kalori sangat dianjurkan agar muffin yang kita buat semakin sehat, ya.

2. Oatmeal dengan topping prune

Memilih sereal dengan campuran atau tambahan buah berwarna ungu bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal ini akan meningkatkan asupan serat dalam tubuh dan juga manfaat dari buah berwarna ungu. Pembuatannya yang mudah bisa kita pilih sebagai menu makanan sehat saat sarapan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Ubi ungu goreng

Anda penggemar kentang goreng? Kini cobalah mengolah ubi manis ungu menjadi olahan mirip kentang goreng yang banyak digemari. Potong ubi memanjang, panggang atau goreng ubi dengan tambahan minyak zaitun dan bumbu lada serta garam. Bentuk tampilannya tentu mirip dengan kentang goreng, namun rasa manis dan manfaat dari ubi ungu tentu memberikan asupan gizi yang baik untuk tubuh.

Tiga camilan di atas tentu tidak sulit untuk diolah ya. Kira-kira mana camilan yang akan Anda buat terlebih dulu?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi