Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa garam merupakan salah satu bumbu dapur yang telah menjadi kebutuhan sehari-hari dan wajib berada di dapur. Masakan tanpa dibubuhkan garam akan terasa hambar dan tidak dapat menggugah selera. Tak heran jika banyak orang yang tidak bisa mengonsumsi makanan tanpa garam.

3 Bumbu Dapur yang dapat Menggantikan Rasa Asin pada Garam

Photo Credit : pexels.com

Sayangnya, garam dianggap tidak baik untuk kesehatan karena dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti darah tinggi, obesitas, osteoporosis, dan masih banyak lainnya. Efek yang kurang baik tersebut menimbulkan dilema bagi sebagian orang. Pasalanya, ada rasa takut ketika ingin mengonsumsi makanan asin, akan tetapi makanan menjadi hambar bila tanpa garam.

Apakah ada solusi bagaimana caranya agar bisa menikmati makanan asin tanpa harus menggunakan garam? Atau apakah ada bumbu dapur lain yang bisa menggantikan rasa asin dari garam? Tentu saja ada. Berikut adalah beberapa bahan makanan yang bisa Anda gunakan untuk mengganti rasa asin pada garam.

  • Kecap Asin

Mungkin Anda biasa menggunakan kecap manis pada masakan Anda dan jarang menggunakan kecap asin. Tahukah Anda bahwa ternyata kecap asin juga bisa menggantikan rasa asin pada garam dan tentunya lebih sehat dibanding garam. Untuk masakan tumis, Anda bisa membubuhkan kecap asin dan udang rebon agar rasanya semakin kuat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  • Ikan Asin

Ikan asin juga memiliki rasa asin karena pada saat proses pengawetannya menggunakan garam. Anda bisa menggunakan ikan asin sebagai bumbu tabur pengganti garam. Anda juga bisa menjadikan ikan asin sebagai lauk yang bisa dikonsumsi dengan sambal dan sayuran.

  • Margarin

Selain bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng, margarin juga bisa digunakan sebagai pengganti garam. Berbeda dengan mentega, margarin memiliki rasa asin karena mengandung garam. Anda bisa memasak tumisan dengan menggunakan margarin sebagai pengganti minyak tanpa dibubuhi garam, sayuran yang dimasak dengan menggunakan margarin akan memiliki rasa yang senderung asin serta gurih.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi