3 Bahaya Latihan Kardio Jika Dilakukan Terlalu Sering

olahraga-kardio-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Latihan kardio seperti lari, berenang, jalan, dan bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang paling banyak disukai. Di samping mudah dilakukan, latihan tersebut bisa dilakukan kapanpun. Latihan kardio ditengarai ampuh menurunkan berat badan, sehingga banyak orang yang rutin melakukan latihan tersebut. Tak jarang pula yang melakukan latihan kardio secara berlebihan demi untuk mendapatkan tubuh langsing.

Photo Credit : pexels.com

Namun, tahukah Anda jika sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan resiko yang cukup berbahaya? Sama halnya dengan latihan kardio jika dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan resiko berbahaya bagi kesehatan Anda, seperti:

1. Menyebabkan Overheating

Latihan kardio secara berlebihan akan meningkatkan resiko tubuh Anda mengalami overheating. Overheating adalah kondisi yang erat kaitannya dengan cuaca dan asupan cairan. Jika Anda melakukan latihan kardio dengan cuaca yang panas serta asupan cairan yang kurang, maka Anda akan mengalami overheating yang membuat metabolisme meningkat dan produksi panas tubuh lebih tinggi.

2. Menyebabkan Stroke

Risiko ini merupakan yang paling berbahaya. Jika Anda melakukan latihan kardio dalam keadaan suhu tubuh yang tinggi, Anda akan merasa kelelahan akibat panas (heat exhaustion), serta yang lebih parah lagi adalah Anda akan mengalami stroke akibat suhu tubuh yang panas tersebut (heat stroke). Tanda-tanda jika Anda mengalami heat Exhaustion berupa tubuh terasa lemas, lemah, kulit panas dan berkeringat, rasa haus, pusing dan sakit kepala, mual, serta kram otot. Bila keadaan tersebut tidak segera ditangani maka akan menyebabkan stroke.

3. Mengalami Kenaikan Berat Badan

Jika manfaat olahraga adalah untuk menurunkan berat badan, lalu mengapa latihan kardio bisa menaikkan berat badan? Sebetulnya, tidak ada yang salah dengan latihan kardio. Latihan tersebut juga bisa menurunkan berat badan. Namun, jika Anda melakukannya secara berlebihan, maka berat badan Anda bukannya turuh malah bisa jadi tambah naik.

Hal tersebut terjadi karena latihan kardio yang dilakukan secara berlebihan akan memakan ‘otot’. Seperti yang Anda ketahui, jika kelangsungan metabolisme tubuh ditentukan oleh otot. Apabila kehilangan massa otot, besar kemungkinan jika kalori yang dibutuhkan tubuh lebih sedikit, sehingga saat Anda mengonsumsi makanan mengandung kalori oleh yang banyak, yang diserap oleh tubuh dan dibakar oleh otot hanya sedikit saja, selebihnya akan tertimbun dan menjadi lemak. Hal itulah yang menyebabkan berat badan Anda akan semakin bertambah saat melakukan latihan kardio.