Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rambut merupakan bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan semua orang, terutama wanita. Rambut sehat dan indah menandakan jika orang tersebut selalu merawat dan menjaga kebersihannya. Namun, tidak semua wanita dapat memiliki rambut sehat karena mereka masih malas untuk merawatnya sehingga timbul beberapa masalah pada kepala akibat rambut yang kurang bersih.

3 Bahaya Kutu Rambut Bagi Kesehatan Kepala

Photo Credit : pexels.com

Selain rambut rontok dan ketombe, masalah yang disebabkan oleh rambut yang tidak bersh adalah kutu rambut. Kutu rambut merupakan parasit yang hidup dan mendapatkan makanan dari tempat ia tinggal, dengan cara menghisap darahnya, yakni kepala.

Kutu berasal dari ordo anoplura yang bersarang pada rambut yang tidak pernah dijaga kebersihannya. Biasanya parasit ini berkembang biak dengan cara bertelur dalam waktu 6-9 hari dengan jumlah 6-8 telur perhari. Bayangkan saja, jika kutu rambut tersebut berada di kepala dan rambut Anda selama berbulan-bulan, maka bisa dipastikan jika rambut Anda penuh dengan kutu.

Rambut yang dihinggapi kutu sangat berbahaya bagi kesehatan kepala. Rasa gatal yang hebat dan juga bisa memicu alergi. Berikut adalah 3 bahaya kutu rambut yang wajib Anda ketahui.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

1. Mengurangi Rasa Percaya Diri

Kutu akan menyerang kulit kepala dengan cara menghisap darah, sehingga akan muncul rasa gatal yang sangat hebat. Jika Anda sendang bersama teman-teman Anda lalu tiba-tiba kepala Anda gatal, hal tersebut akan mengganggu. Anda lantas langsung menggaruknya di depan teman-teman Anda. Tentu saja, Anda akan merasa malu dan tidak percaya diri jika harus menggaruk kepala di depan mereka.

2. Koreng

Akibat dari sering menggaruk kepala karena rasa gatal yang disebabkan oleh kutu, maka akan muncul luka dan menjadi koreng. Luka tersebut akan mengundang kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke kepala. Selain itu,koreng juga disebabkan karena kurang menjaga kebersihan rambut, untuk itu jagalah kebersihan rambut Anda.

3. Menyebabkan Penyakit Pediculosis Kapitis

Bahaya kutu rambut yang terakhir adalah dapat menyebabkan penyakit pediculosis kapitis, yakni penyakit yang terjadi karena iritasi pada kulit kepala akibat rasa gatal yang disebabkan oleh kutu. Untuk menghidari hal ini, maka Anda harus menjaga kebersihan rambut dengan cara keramas minimal dua hari sekali.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi