Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Vitamin B6 memang tidak setenar jenis vitamin lainnya ya. Namun bukan berarti vitamin B6 bisa kita lupakan lo. Asupan makanan yang tinggi vitamin B6 tetap harus kita konsumsi secara rutin agar tubuh tidak mengalami kekurangan. Lalu, apa saja bahan makanan yang tinggi vitamin B6?

3 Bahan Makanan Sumber Vitamin B6

Sebagai salah satu jenis vitamin larut air, vitamin B6 menjadi vitamin yang harus dipenuhi setiap hari kebutuhannya. Untuk itu penting bagi kita mengetahui apa saja bahan makanan yang tinggi vitamin B6.

Kebutuhan vitamin B6 harian orang dewasa adalah sebesar 1,3 mg. Umumnya angka tersebut bisa dipenuhi dengan mudah jika kita menerapkan pola makan sehat yaitu pola makan yang seimbang dan bervariasi. Pola makan ini harus diterapkan setiap hari agar asupan vitamin B6 tubuh dapat selalu tercukupi.

Menurut US Departement of Agriculture, dalam menerapkan pola makan seimbang dan bervariasi, bahan makanan tinggi vitamin B6 yang harus kita pilih adalah:

1. Makanan berprotein hewani

Unggas, ikan dan daging sapi, memiliki kandungan gizi yang tinggi akan vitamin B6. Untuk itu kita dianjurkan mengonsumsi makanan berprotein tersebut secara bergantian.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Sayur berkarbohidrat

Makanan berkarbohidrat yang kerap digunakan sebagai sayur, misalnya kentang dan jagung menjadi bahan makanan yang tinggi akan vitamin B6. Untuk itu sebisa mungkin kita sesekali melakukan penggantian bahan makanan karbohidrat, yang biasanya nasi, menjadi kentang tumbuk atau jagung agar asupan vitamin B6 tercukupi.

3. Buah yang tidak asam

Hampir semua buah, kecuali buah jeruk atau buah lain yang asam, memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi.

Ketiga bahan makanan di atas tentu beriringan dengan penerapan pola makan seimbang dan bervariasi yang menganjurkan kita agar mengonsumsi buah makanan protein hewani, sumber karbohidrat dan sayur yang beragam jenisnya.

Jadi dengan penerapan pola makan sehat yang tepat maka asupan vitamin B6 tubuh kita juga akan terpenuhi, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi