Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda memiliki masalah pada telapak kaki Anda? Misalnya seperti telapak kaki pecah-pecah. Telapak kaki yang pecah-pecah dapat mengurangi rasa kepercayaan diri Anda karena mengganggu penampilan. Selain dapat mengganggu penampilan, telapak kaki yang pecah-pecah juga dapat mengganggu aktivitas Anda karena terkadang menimbulkan rasa nyeri dan sakit saat digunakan untuk berjalan. Apalagi, bagi Anda yang diharuskan untuk menggunakan sepatu setiap hari.

3 Bahan Alami untuk Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Photo Credit : pexels.com

Kaki pecah-pecah biasanya disebabkan oleh kurangnya perawatan pada bagian kaki dan kurangnya vitamin untuk kesehatan kaki. Di samping itu, kondisi ini juga terjadi karena seringnya terpapar sinar matahari secara langsung yang mengakibatkan kaki menjadi kering dan kasar.

Kaki pecah-pecah dapat disembuhkan dengan cara menggunakan bahan alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan di rumah untuk mengatasi kaki pecah-pecah.

1. Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang mengandung air dan bermanfaat untuk melembabkan kulit secara alami. Tidak hanya digunakan sebagai kompres mata saja, mentimun ternyata juga bisa emngobati kaki pecah-pecah. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa potong mentimun, kemudian pijat ke bagian kaki yang pecah-pecah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Lemon

Cara mengobati kaki pecah-pecah yang kedua adalah menggunakan buah lemon. Seperti yang Anda ketahui bahwa buah lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A yang dapat mengangkat sel kulit mati untuk membentuk jaringan baru. Rendam kaki Anda pada air perasan lemon, memang akan terasa sedikit perih karena itu pertanda bahwa kaki Anda sedang menerima vitamin yang terdapat pada buah lemon.

3. Minyak Zaitun

Anda mungkin akan menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, baik kesehatan kulit, rambut, dan wajah. Karena, minyak zaitun memang dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk perawatan kulit dan kesehatan. Jika Anda mengalami kaki pecah-pecah, cukup oleskan minyak zaitun pada kaki yag pecah-pecah secara merata. Minyak ini berfungsi untuk melembabkan kulit serta mengangkat sel kulit mati.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi