Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda terbiasa makan sebelum berbelanja? Meskipun bukan suatu keharusan, namun ternyata hal ini bisa memengaruhi berat badan hingga kesehatan tubuh lho. Bagaimana bisa?

3 Alasan Mengapa Kita Harus Makan Sebelum Berbelanja

Ya, berbagai studi dan asosiasi kesehatan kini mulai banyak menganjurkan agar kita membiasakan mengisi perut sebelum berbelanja. Suatu studi juga membuktikan bahwa konsumsi satu buah apel ukuran sedang sebelum berbelanja akan membuat pilihan makanan saat berbelanja lebih sehat.

Angie Murad, dietitian dari Mayo Clinic membeberkan apa saja penyebab yang membuat kita lebih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sebelum berbelanja, yaitu:

1. Lapar membuat nafsu makan meningkat

Berbelanja tentu akan membuat kita melihat berbagai jenis makanan ya. Jika kita berbelanja saat perut lapar maka tentu kemungkinan kita hanya “lapar mata” sangat besar. Hal ini akan membuat kita cenderung memilih makanan yang kaya rasa, misalnya makanan berbumbu gurih atau makanan tinggi kalori dan lemak.

Jika dilakukan terus menerus maka makanan yang tersedia di rumah adalah makanan yang tidak sehat, lebih jauh hal ini tentu akan meningkatkan risiko obesitas pada tubuh.

2. Membuat kita tidak memilih makanan dengan tepat

Lapar membuat kita semakin jauh dari pilihan makanan sehat seperti buah dan sayuran. Murad menyebutkan bahwa pemilihan buah dan sayur akan lebih banyak dilakukan oleh orang yang perutnya tidak kosong saat berbelanja. Seperti yang kita ketahui buah dan sayur merupakan bahan makanan yang baik untuk tubuh karena kaya vitamin, mineral dan antioksidan.

3. Belanja tidak sesuai dengan catatan yang kita buat

Berkaitan dengan poin nomor satu, lapar mata bisa membuat kita berbelanja tidak sesuai dengan rencana atau catatan awal. Selain akan membuat pengeluaran saat belanja lebih banyak, persediaan makanan bisa jadi berlebihan sehingga risiko obesitas dan berkurangnya kualitas makanan karena penyimpanan makanan terlalu lama, akan semakin besar, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi