12 Obat Penting di Kotak Obat – Obat Tidur dan Alergi

doktersehat-minum-obat
photo credit: Simon Evans

DokterSehat.Com– Obat penting lainnya di kotak obat yang dijual bebas adalah obat tidur dan alergi.

Obat bebas untuk tidur

Diphenhydramine (misalnya, Benadryl, Sominex, Compoz) dan chlorpheniraminmaleat (CTM) adalah antihistamin yang memberi efek menenangkan. Obat ini terutama dianjurkan untuk pengobatan reaksi alergi atau hidung tersumbat akibat flu.

Mengantuk adalah salah satu efek samping diphenhydramine dan CTM, oleh karena itu digunakan sebagai alat bantu tidur. Individu harus siap untuk mencoba tidur sebelum mengambil bantuan tidur dan seharusnya tidak berusaha menyetir atau melakukan aktivitas apa pun yang akan membahayakan keselamatan mereka jika mereka mengantuk.

Melatonin mungkin efektif pada beberapa individu karena mengobati insomnia. Studi tentang manfaatnya tidak meyakinkan. Namun, melatonin juga memiliki sedikit efek samping.

Obat bebas untuk alergi dan gatal

Reaksi alergi yang terbatas pada kulit termasuk gatal dan ruam (urtikaria) biasanya tidak mengancam jiwa. Namun, sulit bernapas, mengi, suara serak, atau kesulitan menelan mungkin merupakan tanda reaksi alergi yang mengancam jiwa yang disebut syok anafilaksis dan layanan medis darurat harus diaktifkan jika gejala ini berkembang.

  • Diphenhydramine (Benadryl) dan CTM adalah antihistamin yang mengobati reaksi alergi dan gatal. Ini efektif tapi efek sampingnya signifikan pada kantuk. Individu yang menggunakan diphenhydramine atau CTM tidak boleh mengendarai mobil, mengoperasikan mesin berat, atau minum alkohol. Antihistamin yang tidak membuat kantuk meliputi loratadine (Claritin), cetirizine (Zyrtec), dan fexofenadine (Allegra).
  • Cromolyn sodium (nasalcrom) adalah semprotan hidung yang digunakan untuk mengobati alergi hidung.
12 Obat Penting di Kotak Obat: 1 2 3 4 5 6 7 8