12 Obat Penting di Kotak Obat – Obat Sinus, Nyeri Otot, dan Sakit Tenggorokan

doktersehat-nyeri-otot-nyeri-dada

DokterSehat.Com– Obat penting lainnya di kotak obat yang dijual bebas adalah obat sinus, nyeri otot, dan sakit tenggorokan.

Obat bebas untuk hidung tersumbat dan sinus?

  • Dekongestan oral dapat berupa pil atau sirup dan bekerja dengan mengecilkan pembuluh darah yang membesar di bagian hidung dan sinus. Penting untuk membaca daftar bahan karena satu sediaan dapat mengandung banyak obat. Obat ini sering mengandung bahan aktif seperti pseudoefedrin (sudafed) yang merupakan obat yang bekerja seperti adrenalin. Pseudoefedrin seharusnya tidak diminum oleh individu yang memiliki tekanan darah tinggi atau orang yang memiliki riwayat palpitasi (jantung berdebar-debar) atau detak jantung yang cepat. Obat-obatan ini memiliki label peringatan yang membahas efek sampingnya. Obat dekongestan mungkin memerlukan pemberian khusus oleh apoteker di toko-toko tertentu.
  • Semprotan hidung dekongestan bekerja sama dengan dekongestan oral namun memiliki keuntungan hanya bekerja di daerah yang disemprotkan, biasanya tanpa efek samping stimulan. Bahan aktif yang paling umum dalam semprotan hidung adalah oxymetazoline (misalnya oxymetazoline [Afrin], Dristan Nasal Spray, fenilefrin [Neo-Synephrine]). Semprotan hidung dapat menyebabkan efek “rebound” di mana gejala hidung dapat kambuh jika digunakan lebih dari 3 hari dan kemudian tidak dilanjutkan. Penting untuk membaca dan mengikuti petunjuk label. Orang dengan penyakit jantung, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, atau retensi urin akibat pembesaran prostat sebaiknya tidak menggunakan obat ini.
  • Semprotan udara dan air garam yang disensorisasi adalah alternatif yang efektif untuk semprotan obat bebas dan dekongestan oral.

Obat bebas untuk sakit tenggorokan, sakit kepala, sakit telinga, dan sakit badan?

doktersehat-kanker-tenggorokan

Kebanyakan sakit tenggorokan disebabkan oleh virus tapi yang ada sakit tenggorokan karena infeksi bakteri streprococus (bakteri normal yang ada di saluran napas atas) atau bakteri lainnya.

Masuk akal untuk mengobati gejala sakit tenggorokan selama beberapa hari, tetapi jika gejala tidak sembuh, swab tenggorokan mungkin diperlukan untuk menentukan apakah diperlukan antibiotik.

Paracetamol dan ibuprofen sangat membantu dalam mengobati rasa sakit yang berhubungan dengan flu dan influenza.

Benzocaine (Cepacol) adalah bahan aktif dalam obat batuk dan obat semprot yang membantu mengendalikan gejala sakit tenggorokan. Benzocaine juga tersedia sebagai tetes telinga antipirine eardrop  (A/B Octic, Aurodex, Rx-Octic), benzocaine (Oticaine); sebagai dehydratedglycerin (Auralgan) untuk menghilangkan nyeri telinga secara sementara; dan sebagai pereda nyeri sakit radang karena sakit gigi (Anbesol).

12 Obat Penting di Kotak Obat – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8