12 Obat Penting di Kotak Obat – Obat Sembelit dan Diare

Maag adalah penyakit berbahaya, benarkah?

DokterSehat.Com– Obat penting lainnya di kotak obat yang dijual bebas adalah obat sembelit dan diare.

Obat bebas untuk sembelit

Orang biasanya buang air besar sehari sekali, lebih dari sekali sehari, atau hanya beberapa hari sekali. Jadi sembelit untuk satu orang mungkin bukan merupakan sembelit untuk orang lain. Sembelit atau konstipasi bisa diartikan sebagai kotoran yang keras sehingga menyulitkan buang air besar. Nyeri perut dan kram bisa jadi gejala yang terkait.

Hidrasi yang cukup dan peningkatan serat dalam makanan (sayuran berdaun, serat, gandum, oatmeal) adalah cara untuk mencegah sembelit dan merupakan pengobatan lini pertama jika terjadi sembelit.

Obat bebas untuk meringankan konstipasi meliputi supositoria gliserin (cairan gliserin yang dimasukkan via dubur) serta obat-obatan yang membantu mengompres dan melumasi kotoran. Bisacodyl (Correctol, Dulcolax), kalsium dokumentate (Colace, Surfak), dan Senna (Ex-lax, Senokot) adalah obat yang paling banyak tersedia.

Ketergantungan obat-obat laksatif adalah masalah yang mungkin terjadi dengan penggunaan pencahar. Penggunaan obat ini terus menerus selama satu minggu mengindikasikan individu harus mencari saran medis.

Konstipasi mungkin merupakan gejala dari kondisi medis yang lebih serius, terutama jika dikaitkan dengan nyeri perut kronis, kembung, demam, atau pendarahan dari rektum, dan tepat untuk mencari perawatan medis saat gejala ini ada.

 Obat bebas diare

attapulgite
Attapulgite
  • Attapulgite (Kaopectate, Donnagel, Diatrol, dan lain-lain) adalah obat bebas yang membantu mengendalikan diare. Attapulgite tidak boleh digunakan lebih dari 2 hari kecuali jika diarahkan oleh praktisi perawatan kesehatan Anda.
  • Loperamide (Imodium A-D) dulu sering digunakan sebagai obat bebas untuk pengobatan diare, namun sekarang tidak lagi karena peningkatan risiko ileus (konstipasi, perut kembung, mual, dan muntah).
  • Bismuth subsalicylate (Pepto-Bismol) adalah pengobatan lini pertama yang baik untuk masalah usus dan efektif untuk diare ringan. Ini juga membantu meringankan mual dan gangguan pencernaan. Ingat bahwa bismut akan mengubah tinja menjadi warna hitam, dan sebaiknya tidak digunakan pada bayi atau anak-anak karena kemungkinan perkembangan sindrom Reye.
12 Obat Penting di Kotak Obat – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8