12 Obat Penting di Kotak Obat – Obat Nyeri dan Demam: Paracetamol

Paracetamol
Photo Credit: whilepregnant.info

DokterSehat.Com– Obat penting lainnya di kotak obat yang dijual bebas adalah obat nyeri ringan dan demam: paracetamol.

Apa obat bebas untuk rasa nyeri dan demam?
Ada tiga kategori obat utama yang tersedia untuk mengobati rasa nyeri dan demam:

  • Paracetamol.
  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).
  • Aspirin.

Meskipun tiga kategori utama obat yang tercantum di bawah ini juga digunakan untuk mengobati rasa sakit akibat trauma ringan, istirahat (rest), kompres dengan es (ice), kompresi (penekanan pada area yang terkena trauma), dan elevasi (meluruskan bagian yang sakit) (dikenal dengan singkatan RICE: rest, ice, compression, elevation) adalah langkah mudah pertama dalam perawatan untuk luka ringan, terutama rasa sakit yang terkait dengan keseleo dan ketegangan otot.

Paracetamol

paracetamol formula
Photo Credit: Wikimedia Common

Paracetamol adalah obat bebas yang paling umum direkomendasikan untuk demam. Paracetamol bekerja dengan baik untuk rasa sakit dan nyeri ringan, terutama untuk orang-orang yang tidak dapat mentolerir obat antiinflamasi seperti ibuprofen atau aspirin.

Penting untuk membaca label mengenai dosis setiap obat yang disarankan untuk mencegah overdosis yang tidak disengaja. Hal ini terutama terjadi pada bayi dan anak-anak di mana dosis yang tepat bergantung pada berat badan bayi atau anak.

Bagi orang dewasa, dosis maksimum paracetamol per hari adalah 4 gram untuk mencegah komplikasi kerusakan hati. Banyak obat flu mengandung paracetamol sebagai salah satu dari beberapa bahan lainnya dan penting untuk membaca label dengan hati-hati untuk mencegah overdosis.

Karena kemungkinan terjadi toksisitas hati, paracetamol harus dihindari pada penderita penyakit hati seperti sirosis dan hepatitis. Terdapat beberapa merek (nama dagang) dan nama generik untuk paracetamol. Nama dagang yang umum termasuk Tylenol, Panadol, dan Tempra.

12 Obat Penting di Kotak Obat – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8