10 Tips Mempersiapkan Tubuh untuk Puasa Ramadan

doktersehat-sarapan

DokterSehat.Com– Seluruh umat muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadan, sebagian dari kita mungkin berpikir harus benar-benar siap menghadapi puasa Ramadan, tetapi perencanaan akan membuat transisi jauh lebih mudah.

Untuk itu berikut ini adalah 10 cara untuk mempersiapkan tubuh Anda selama bulan puasa, seperti melansir Al Arabiya:

1. Porsi makanan

Mulailah dengan makan dalam jumlah sedang. Jangan membeli makanan secara royal menjelang Ramadan. Ini hanya akan meningkatkan nafsu makan Anda dan membuatnya lebih sulit untuk berpuasa.

2. Latihan sahur

Selama Ramadan, Anda bangun pagi untuk sahur, hidangan sebelum fajar dan sebelum puasa dimulai. Penting untuk tidak melewatkan ini. Mulailah sarapan pagi buta mulai dari sekarang untuk membantu tubuh Anda terbiasa dengan jam-jam sebelumnya, terutama jika Anda tidak banyak makan sarapan.

3. Hindari ngemil

Biasakan makan tiga makanan utama – sarapan, makan siang, dan makan malam – dan hindari ngemil di antara keduanya. Selama Ramadan, Anda harus terbiasa dengan dua kali makan utama, sahur dan buka puasa. Dengan cara ini, Anda hanya perlu mengurangi satu kali makan.

4. Kurangi minum kopi

Jika Anda seorang pencinta kopi dan tidak ingin mengalami sakit kepala selama beberapa hari pertama Ramadan, mulailah mengurangi asupan kafein Anda sekarang. Beralih ke kopi tanpa kafein, satu kopi setiap kali, sampai Anda hanya minum kopi tanpa kafein, lalu berhenti sama sekali.

5. Berhenti merokok

Perokok yang memasuki bulan Ramadan mungkin tidak siap mengalami berbagai gejala seperti sifat lekas marah, marah, gelisah, tidak sabar, dan kesulitan berkonsentrasi selama jam-jam puasa. Untuk menghindari ini, kurangi merokok pada siang hari untuk meniru apa yang akan terjadi ketika Anda berpuasa. Juga baik untuk melihat Ramadan sebagai kesempatan untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok sama sekali.

6. Latihan puasa sebelum Ramadan

Cara apa yang lebih baik untuk mempersiapkan diri untuk Ramadan daripada melalui latihan? Cobalah melakukan beberapa puasa dalam jangka hingga Ramadan untuk membantu Anda beradaptasi. Ini juga merupakan peluang bagus untuk menebus setiap puasa yang terlewat dari tahun lalu.

7. Mengatur waktu tidur

Jika Anda biasanya tidur larut dan bangun larut, mulailah mengatur tidur Anda dari sekarang, karena selama Ramadan Anda akan bangun lebih awal untuk sahur. Anda mungkin juga tidur lebih awal sebagai hasilnya. Atau, tidur siang dan tidur sebentar kemudian. Apa pun kebiasaan tidur yang Anda pilih, mulailah menirunya dari sekarang.

8. Persediaan makanan

Perencanaan makan sebelum Ramadan dapat menghemat banyak kerumitan, terutama selama minggu pertama Ramadan saat Anda sibuk menyesuaikan. Persiapkan menu Anda untuk berbuka dan sahur selama tujuh hari pertama, buat daftar bahan-bahan yang dibutuhkan, dan pergilah belanja bahan makanan sekarang ketika Anda masih penuh energi.

9. Konsultasi dengan dokter sebelum puasa

Jika Anda memiliki kekhawatiran atas kemampuan Anda untuk berpuasa untuk alasan apa pun, baik itu diabetes, tekanan darah tinggi atau refluks, sekarang adalah waktu untuk menjadwalkan janji dengan dokter Anda. Periksa dengan dokter Anda apakah aman bagi Anda untuk berpuasa.