Terbit: 1 Mei 2018 | Diperbarui: 30 April 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mengidap diabetes berarti Anda harus menyadari semua yang Anda makan atau minum harus benar-benar diperhatikan. Anda juga harus tahu jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi dan bagaimana mereka dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

10 Minuman Sehat untuk Diabetes yang Harus Anda Ketahui

Menurut American Diabetes Association, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi minuman nol kalori. Ini akan membantu mencegah lonjakan kadar gula darah. Menderita diabetes membawa banyak pembatasan dalam diet dan gaya hidup seseorang.

Semua makanan dan minuman pengidap diabetes harus disiapkan dan direncanakan untuk menjaga pembatasan dan persyaratan kesehatan dalam pikiran. Pasien diabetes tidak boleh minum sekaleng soda atau segelas minuman ringan, karena ini dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Ini sangat berbahaya untuk pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Berikut 10 minuman sehat untuk penderita diabetes, seperti melansir Boldsky.

doktersehat-kopi-demensia

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

1. Kopi

Menurut sebuah studi 2006, konsumsi moderat dari kedua kopi tanpa kafein dan berkafein dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita muda dan setengah baya. Namun konsumsi kopi berlebihan bisa menaikkan kadar gula darah. Kopi mengandung senyawa yang disebut asam klorogenat, yang membantu untuk menunda penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Juga, minuman ini tidak memiliki karbohidrat dan kalori, yang membuatnya menjadi salah satu minuman terbaik bagi penderita diabetes.

susu-doktersehat

Source: Mother Jones

2. Susu

Susu dianggap minuman yang sehat dan bermanfaat, juga baik untuk diabetes. Sebuah penelitian mencatat bahwa produk susu rendah lemak berhubungan dengan kematian diabetes, menurunkan insiden dan mengurangi tekanan darah. Susu juga meningkatkan penurunan berat badan pada orang dengan diabetes tipe 2 dan membantu dalam mempertahankan fungsi penting tubuh. Susu mengurangi tekanan darah tinggi pada penderita diabetes, yang juga merupakan alasan lain itu dianggap sebagai minuman yang sehat.

doktersehat-teh-hijau-matcha

3. Teh hijau

Salah satu minuman sehat untuk diabetes adalah teh hijau. Teh hijau rendah karbohidrat dan kalori. Sebuah penelitian mencatat bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menurunkan tekanan darah. Minuman ini kaya antioksidan yang membantu menetralisir efek peradangan yang melindungi Anda dari penyakit jantung koroner dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

doktersehat-pare-sayur

4. Jus pare

Jus pare adalah minuman sehat untuk diabetes. Ini sangat baik untuk mengobati diabetes tipe-1 dan diabetes tipe-2 karena memengaruhi saluran transportasi untuk glukosa. Jus pare bermanfaat dan berdampak pada toleransi glukosa serta profil lipid. Selain itu, pare mengurangi gula urine dan kadar gula darah.

doktersehat-wanita-cantik-wajah-muka-ketimun-mentimun-masker

5. Jus mentimun

Mentimun mengandung tinggi kalsium, fosfor, besi, vitamin A, asam amino, vitamin B1, vitamin C dan vitamin B2. Minum jus mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Mentimun juga memiliki kemampuan untuk mengurangi panas, menghilangkan peradangan, mengurangi pembengkakan dan mengobati radang sendi. Teh Chamomil mengandung sejumlah besar antioksidan dan mengandung nol kalori, menjadikannya salah satu minuman terbaik untuk diabetes. Teh Chamomile memiliki beberapa dampak menguntungkan pada kontrol glikemik pada pasien diabetes tipe-2. Konsumsi teh chamomile secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah kerusakan saraf dan peredaran darah, penyakit ginjal dan kebutaan.

cuka-apel-doktersehat

Source: Stylecraze

7. Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan menekan aktivitas gula yang kompleks setelah makan. Ini juga membantu dalam penurunan berat badan dan meningkatkan metabolisme. Menurut sebuah penelitian, cuka sari apel bisa mengurangi kadar gula darah setelah makan. Jadi, Anda dapat mengkonsumsi cuka sari apel dengan menambahkannya dalam satu gelas air yang dicampur dengan kapur dan kayu manis.

doktersehat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil

pic credit: phu thinh co

8. Air kelapa

Air kelapa diperkaya dengan banyak vitamin, mineral, asam amino, dan lainnya. Sacangkir air kelapa mengandung 0,1 mg riboflavin, 5,8 mg vitamin C, 57,6 mg kalsium, 60 mg magnesium, 600 mg potasium, 252 mg sodium, dan 0,3 mg mangan. Air kelapa memiliki kemampuan yang kuat untuk menjaga kadar gula darah di cek, sehingga membuatnya menjadi minuman sehat untuk diabetes.

doktersehat-jus-buah-sehat

pic credit: rob bertholf

9. Jus buah dan jus sayuran

Jus sayuran dan jus buah tertentu bebas gula. Jika Anda mengonsumsi jus sebagai bagian dari makanan Anda, pastikan Anda memilih jus yang tepat. Mencoba berbagai jenis jus sayuran seperti campuran sayuran berdaun hijau, jus seledri, jus wortel, jus tomat, jus lobak, dll, dikenal baik. Jus buah yang bisa Anda masukkan bisa terbuat dari segenggam buah beri dan apel.

doktersehat-minum-air-botol

10. Air

Air adalah pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Itu karena air tidak akan meningkatkan kadar gula darah dan kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan dehidrasi. Pasien diabetes harus minum banyak air, karena membantu tubuh untuk menyingkirkan kelebihan glukosa melalui urine. Perempuan harus minum sekitar 8 gelas air per hari, sedangkan pria harus minum sekitar 10 gelas air.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi