8 Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan Tubuh

Doktersehat-manfaat-buah-anggur

DokterSehat.Com – Buah anggur adalah buah yang unik karena memiliki warna lebih dari satu, bisa merah, hijau hingga hitam. Buah yang terasa manis dan mengandung banyak air ini dapat dimakan mentah atau digunakan untuk membuat minuman anggur.

Agar Anda mendapatkan manfaat buah anggur dengan baik, Anda harus mengetahui kandungan dari setiap jenis anggur. Anggur merah kandungan kalorinya lebih sedikit dibanding anggur hijau.

Selain itu, manfaat anggur merah bagi kesehatan juga lebih besar dari anggur hijau, ini karena semakin pekat warna buah-buahan, kandungan fitonutrien dan antioksidannya semakin besar.

baca juga: Benarkah Anggur Merah Bisa Jaga Kesehatan Mulut? Cek Penjelasannya

Kandungan nutrisi anggur merah sangat mirip dengan anggur hitam. Perbedaan yang paling mencolok antara kedua jenis buah anggur ini hanyalah rasanya. Buah anggur hitam rasanya lebih kuat dan manis daripada anggur merah.

Selain kandungan fitonutrien, manfaat buah anggur tak lepas dari jasa polifenol yaitu senyawa pemberi warna cerah pada buah. Kandungan antioksidan polifenol dalam buah anggur ini memberi tubuh perlindungan dari penyakit dan membantu melawan radikal bebas.

Berikut adalah beberapa manfaat buah anggur yang berguna bagi tubuh, di antaranya:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah anggur yang bisa didapatkan tubuh adalah berkat kandungan polifenolnya. Polifenol dipercaya membantu mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, diduga memiliki efek antiinflamasi dinding pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah dan risiko terjadinya aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh darah arteri), antiplatelet (mencegah penumpukan platelet), dan menunjang fungsi endotel.

Selain polifenol, menurut penelitian yang dilakukan terhadap hewan, flavonoid dalam anggur juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol jahat (LDL). Serat dan kalium dalam buah anggur juga mampu menjaga kesehatan jantung.

  1. Menjaga kadar kolesterol

Manfaat buah anggur dipercaya berkhasiat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol berkat kandungan saponin. Zat ini bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Kadar kolesterol seimbang bisa menjauhkan Anda dari penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung.

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Menurut studi yang dilakukan terhadap tikus, manfaat anggur yang kaya akan flavonoid diduga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Khasiat buah anggur ini didapatkan berkat kandungan kaliumnya yang membantu menghilangkan efek natrium di dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa dikurangi.

  1. Mencegah penyakit degenaratif

Manfaat buah anggur lain adalah membantu mencegah penyakit degeneratif, mengaktifkan gen panjang usia, dan membantu sel hidup lebih lama. Semua itu berkat kandungan resveratrol dalam anggur.

Selain itu, anggur juga mengandung lemak tak jenuh ganda, seperti asam lemak esensial linolenat. Kandungan ini berfungsi untuk melindungi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sensitivitas kulit.

5. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah anggur untuk bagian tubuh lainnya adalah membantu melindungi retina dari kerusakan dan penyakit. Selain itu, mengonsumsi ekstrak biji anggur juga diduga membantu mengurangi stres pada mata akibat melihat sinar yang terlalu terang. Meski begitu, manfaat anggur terkait kesehatan mata masih diperlukan penelitian lanjutan.

6. Menjaga kesehatan otak

Bagian tubuh yang mendapatkan manfaat anggur lainnya adalah otak. Revesratrol dalam anggur merah mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, sebuah penelitian lain mengungkapkan bahwa revestratrol bisa membantu memperkuat daya ingat manusia.

baca juga: Amankah Ibu Hamil Konsumsi Buah Anggur? Cek Penjelasannya

7. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga porsi anggur, blueberry, kismis, apel, atau pir per minggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7%. Anggur termasuk buah yang tinggi kandungan antioksidannya, sehingga diduga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

8. Mencegah perkembangan kanker

Anggur merah kaya akan kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kandungan ini juga baik untuk menghalau radiasi berbahaya seperti sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan matahari. Paparan radiasi tersebut berisiko menyebabkan kanker kulit.

Nah, itulah beberapa manfaat buah anggur yang bisa Anda dapatkan. Selamat mencoba