13 Manfaat Berenang yang Jarang Anda Ketahui

manfaat-renang-doktersehat

DokterSehat.Com – Berenang adalah olahraga yang baik bagi semua kalangan. Olahraga ini merupakan cara yang baik untuk bersantai dan memperbaiki mood. Selain itu, manfaat renang lainnya adalah menjaga kesehatan fisik dan mental.

Apa Saja Manfaat Renang yang Bisa Didapatkah Tubuh?

Karena manfaat berenang bagus untuk membuat tubuh lebih bugar dan sehat, hal ini dianggap sebagai latihan yang bagus karena Anda memerlukan seluruh gerakan tubuh untuk melawan resistensi air.

Selain itu, manfaat renang juga membuat detak jantung Anda meningkat, membangun daya tahan, menguatkan otot, membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan sistem koordinasi tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan fleksibilitas tubuh secara keseluruhan.

Pada dasarnya, berenang tidak hanya membuat tubuh sehat dan bugar. Melakukan olahraga ini secara teratur dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke.

Sering kali, berenang juga menjadi pilihan olahraga terbaik bagi penderita penyakit tertentu, seperti penderita radang sendi (arthritis), hernia nukleus pulposus, bahkan dapat digunakan sebagai latihan untuk pemulihan pasca-stroke.

Berenang adalah olahraga yang baik untuk semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Oleh karena itu, jangan ragu, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk berenang bersama.

Berikut adalah beberapa manfaat renang lainnya yang harus Anda ketahui, di antaranya:

1. Memperkuat otot

Salah satu manfaat renang yang paling signifikan adalah membuat seluruh tubuh Anda bergerak. Ada berbagai gaya yang digunakan saat berenang dan masing-masing berfokus pada kelompok otot yang berbeda. Ini membantu memperkuat otot Anda dan membangun kekuatan dan daya tahan tubuh.

Selain itu, sebuah studi menemukan manfaat berenang juga dapat terlihat pada peningkatan massa otot trisep (sisi belakang lengan atas) hingga 25 persen pada sekelompok pria. Hasil studi itu diperoleh setelah dilakukan program berenang selama 8 minggu.

2. Menyehatkan jantung

Manfaat renang lainnya adalah meningkatkan detak jantung dan menjaga kesehatan paru-paru. Para peneliti telah mengatakan bahwa berenang dapat mengurangi risiko kematian dibandingkan dengan orang yang tidak aktif. Dengan demikian, berenang membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah.

3. Renang membuat Anda lebih cerdas

Manfaat renang yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuannya untuk meningkatkan kecerdasan. Renang meningkatkan fungsi memori dan kemampuan berpikir.

Aktivitas ini membantu dalam mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak, dengan membangun pertumbuhan sel otak baru. Berenang juga dikenal untuk meningkatkan mood dan kemampuan otak untuk berpikir lebih efisien.

4. Berenang baik untuk asma

Bagi Anda yang memiliki penyakit asma, manfaat renang yang bisa Anda dapatkan karena kelembapan dari air menggantikan kelembapan yang dikeluarkan selama pernapasan yang kuat. Manfaat berenang ini sangat efektif untuk orang yang menderita kondisi penyakit paru-paru kronis seperti asma.

5. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, manfaat renang yang bisa didapatkan adalah kemampuannya membakar kalori. Sebuah penelitian mencatat bahwa satu jam berenang dapat membakar sekitar 715 kalori.

Menurut para peneliti di Universitas Indiana, ketika mereka membandingkan perenang rekreasi dengan perenang profesional, ditemukan bahwa perenang profesional dapat menurunkan bobot pinggang dan pinggul lebih banyak.

6. Meredakan stres

Berenang memiliki efek meningkatkan suasana hati dan dapat menurunkan tingkat stres. Manfaat renang selama 30 menit, tubuh Anda akan merasa rileks dan bebas stres. Jadi, lepaskan stres dari bahu Anda dengan berenang.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, sepertinya Anda harus melihat manfaat renang. Berenang memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Orang yang menderita insomnia akan mendapatkan tidur yang lebih baik begitu mereka mulai berenang. Jika Anda ingin meningkatkan tidur Anda, berenang adalah latihan yang sempurna.

8. Meningkatkan energi

Manfaat renang lainnya yang bisa didapatkan adalah meningkatkan tingkat energi. Itu karena semua otot Anda bekerja saat Anda berenang dan hal ini otomatis akan meningkatkan energi. Menghabiskan setengah jam untuk berenang, membuat hari-hari Anda menjadi lebih aktif.

9. Menjaga kesehatan paru-paru

Ketika Anda berenang, tubuh Anda beradaptasi menggunakan oksigen lebih efisien. Tubuh belajar mengambil lebih banyak udara segar dengan setiap napas dan mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida. Pada akhirnya, manfaat berenang yang bisa didapatkan adalah menjaga paru-paru tetap sehat, menghindari irama detak jantung lambat, dan menurunkan tekanan darah.

10. Mengontrol kolesterol

Manfaat berenang selanjutnya dapat mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol baik berkat kekuatan aerobiknya. Berenang membuat kadar kolesterol Anda stabil dan membantu menjaga tubuh Anda tetap dalam kondisi baik.

11. Meningkatkan kekuatan sistem kardiovaskuler

Sebuah studi mengungkapkan, latihan renang yang dilakukan secara rutin selam 12 minggu, konsumsi oksigen naik hingga 10 persen. Selain itu, peningkatan jumlah darah yang dipompa jantung tiap kali berdenyut mencapai 18 persen.

12. Baik bagi ibu hamil: melemaskan kembali ketegangan punggung

Berenang adalah olahraga yang aman dilakukan sepanjang masa kehamilan karena kecilnya risiko cedera bagi ibu hamil ataupun janinnya. Olahraga ini memungkinkan ibu hamil bergerak tanpa menekan persendian tubuh.

Seiring kondisi perut yang semakin membesar, bahu dan tulang belakang akan bergerak maju dan memiringkan panggul keluar dari posisi idealnya. Hal ini otomatis meningkatkan beban pada punggung. Namun jika Anda rutin latihan berenang, beban ini dapat berkurang. Otot-otot yang menjadi lebih kuat salah satunya dikarenakan aktivitas berenang melibatkan otot dalam kelompok besar, yaitu lengan dan kaki.

13. Baik bagi penderita nyeri sendi

Bagi Anda yang tidak bisa melaksanakan olahraga aerobik seperti berlari dan melompat karena menimbulkan sakit pada persendian, tak ada salahnya Anda merasakan manfaat berenang. Manfaat renang sangat baik bagi Anda yang terkena radang persendian atau arthritis.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa berenang adalah yang latihan yang paling aman dan mampu secara efektif meringankan sakit punggung bagian bawah yang kronis.

Nah, itulah manfaat renang yang bisa Anda dapatkan. Selamat mencoba.