Terbit: 26 Januari 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Popcorn atau brondong jagung biasanya menjadi camilan ketika Anda menonton film di bioskop atau di rumah. Nampaknya, mulai saat ini popcorn menjadi camilan wajib ketika Anda pergi menonton film atau pertunjukan apapun itu. Karena ternyata popcorn mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan Anda.

10 Manfaat Baik Popcorn, Bagus untuk Diet hingga Cegah Penuaan

Tapi, popcorn organik yang dibuat di rumah adalah cara paling sehat untuk mengonsumsinya daripada membelinya dari luar.

Jagung dianggap sebagai sayuran dan biji-bijian berasal dari zaman kuno. Ketika biji jagung dipanaskan dalam minyak, ia berubah menjadi popcorn. Ini tidak hanya dinikmati karena rasanya, tapi juga untuk nilai nutrisinya.

Camilan populer ini telah dinikmati di seluruh dunia dan dibuat dengan berbagai cara, dengan menuangkan garam, mentega, dan karamel untuk penyedap rasa. Namun, hal ini membuatnya tidak sehat untuk dikonsumsi.

Cara terbaik untuk memakannya adalah tanpa menambahkan rasa apapun. Camilan ringan ini mengandung serat, antioksidan, vitamin B kompleks, mangan dan magnesium.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Apa sih manfaatnya mengonsumsi popcorn? Yuk simak segudang manfaat kesehatan jika Anda mengonsumsi popcorn, seperti dilansir dari Bold Sky, berikut ini.

1. Bisa menurunkan berat badan
Tahukah Anda bahwa popcorn normal hanya mengandung 30 kalori yang 5 kali lebih sedikit daripada keripik kentang berminyak? Kandungan serat dalam popcorn akan membuat Anda merasa kenyang dan menghambat pelepasan hormon kelaparan. Lemak jenuh juga sangat rendah.

2. Menurunkan tingkat kolesterol
Popcorn mengandung serat yang bisa menghilangkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan arteri, sehingga mengurangi keseluruhan kadar kolesterol Anda. Ini juga dapat membantu menurunkan kemungkinan kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

3. Memperbaiki pencernaan
Popcorn adalah biji utuh yang mengandung endosperm, kuman dan dedak. Brondong jagung ini mengandung semua serat yang bisa membantu mengobati pencernaan. Ini membantu buang air besar (BAB) yang tepat dan akan mencegah sembelit.

4. Kontrol tingkat gula darah
Popcorn memiliki jumlah serat yang cukup banyak, ini mengatur pelepasan dan pengelolaan kadar gula darah dan insulin. Ini akan menjaga kadar gula darah sehingga mencegah diabetes. Jadi, meningkatkan asupan popcorn organik untuk mencegah diabetes.

5. Mencegah kanker
Popcorn mengandung sejumlah besar senyawa poli-fenolik, salah satu jenis antioksidan lebih kuat yang dapat Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. Antioksidan adalah zat pertahanan kuat yang bisa menghilangkan radikal bebas.

6. Mendukung pertumbuhan tulang sehat
Popcorn mengandung sejumlah mangan yang bisa membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat dan padat. Mangan membantu untuk mendukung struktur tulang dan melindungi terhadap osteoporosis, arthritis dan osteoartritis.

7. Pengganti gandum atau oatmeal
Popcorn merupakan satu-satunya camilan yang 100 persen diproses dari biji. Satu porsi popcorn mengandung lebih dari 70 persen asupan gandum harian yang direkomendasikan. Jika Anda bosan makan oatmeal, Anda bisa mengonsumsi popcorn sesekali.

8. Popcorn mengandung zat besi
Menurut USDA, 28 gram popcorn mengandung 0,9 miligram zat besi. Laki-laki dewasa hanya memerlukan 8 miligram zat besi dalam makanan mereka setiap hari dan wanita dewasa membutuhkan 18 miligram zat besi per hari. Jadi, tingkatkan asupan zat besi Anda dengan makan popcorn segar dan organik.

9. Ramah bagi pengidap diabetes
Diet tinggi serat sehat bagi penderita diabetes, popcorn sesuai dengan kategori itu. Popcorn penuh dengan serat tinggi sehingga mudah dicerna dan tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah mendadak. Jadi, jika Anda menderita diabetes, Anda dapat dengan aman mengonsumsi popcorn.

10. Mencegah penuaan
Popcorn dapat mengobati gejala terkait usia seperti keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula dan kebutaan, kelemahan otot, dan rambut rontok. Popcorn dapat membuat Anda tetap sehat, berkat antioksidan kuat yang ada di dalamnya.

Jadi, tertarik menjadikan popcorn sebagai camilan wajib Anda di bioskop atau di rumah?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi