10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil Muda

doktersehat tips diabetes hamil

DokterSehat.Com – Bagi ibu hamil muda, apalagi yang baru pertama kali mengandung, menjaga kesehatan kehamilan adalah hal yang sangat penting. Ibu yang sedang hamil muda jelas harus lebih berhati-hati dalam beraktivitas dan memilih makanan apa saja yang Ia konsumsi. Berikut adalah beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil.

Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil

1. Buah nanas

Sudah menjadi rahasia umum jika ibu hamil muda sebaiknya tidak mengonsumsiĀ buah nanas. Alasannya? Buah nanas ini ternyata mengandung bromelain yang bisa membuat leher rahim menjadi lebih lunak dan bisa memicu gangguan kehamilan layaknya keguguran hingga persalinan dini. Memang, belum ada penelitian yang benar-benar memastikan bahaya dari kandungan buah nanas bagi ibu hamil muda. Namun, memang ada baiknya ibu hamil menghindari buah ini saat hamil muda.

2. Buah pepaya

Buah pepaya termasuk dalam buah yang sehat dan bergizi, namun buah pepaya yang setengah matang atau masih mentah ternyata tidak baik untuk kehamilan. Tingginya kandungan lateks diyakini bisa memicu kontraksi pada rahim yang tentu kurang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

3. Daun pepaya

Pakar kesehatan menyebutkan jika daun pepaya ternyata bisa memicu ari-ari janin menjadi lebih rapuh jika dikonsumsi pada usia dua minggu pertama kehamilan.

4. Anggur

Pakar kesehatan menyebutkan jika anggur tidak boleh dikonsumsi saat dua minggu pertama kehamilan, karena bisa membuat kandungan memiliki suhu yang cenderung panas.

5. Air kelapa segar

Air kelapa segar memang sangat baik untuk dikonsumsi saat usia kehamilan mencapai 8 bulan atau lebih. Namun, pada saat trimester pertama kehamilan, ada baiknya konsumsi air kelapa segar dihindari terlebih dahulu karena bisa membuat kehamilan menjadi lemah.

6. Durian

Buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil selanjutnya adalah durian, buah berduri ini ternyata memiliki kandungan asam arachidonat dan alkohol yang bisa memicu berbagai masalah kehamilan, layaknya keguguran atau bahkan berat badan bayi yang terlalu rendah.

7. Ikan laut yang kaya merkuri

Ikan laut termasuk dalam makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat baik bagi kehamilan. Namun, pastikan ibu hamil untuk tidak mengonsumsi ikan laut yang mengandung merkuri karena bisa memicu gangguan pertumbuhan otak dan gangguan motorik pada janin. Beberapa jenis ikan yang kaya merkuri seperti ikan hiu, ikan marlin, ikan tenggiri, dan ikan pari sebaiknya dihindari terlebih dahulu oleh ibu hamil muda.

8. Makanan mentah

Makanan yang dilarang saat hamil muda lainnya adalah makanan mentah. Makanan yang masih mentah layaknya telur setengah matang hingga steak yang rare ternyata berisiko tinggi bagi kesehatan ibu hamil karena dikhawatirkan memiliki berbagai macam bakteri, kuman, dan virus yang tentu bisa memicu gangguan kehamilan.

9. Sushi

Sushi termasuk dalam makanan yang nikmat untuk dikonsumsi. Sayangnya, bagi ibu hamil, sushi yang tidak dimasak ini bisa jadi masih memiliki banyak bakteri layaknya salmonella, e. Coli, dan toxoplasma yang tentu bisa berbahaya bagi ibu hamil.

10. Beberapa jenis keju

Beberapa jenis keju yang berwarna soft dan cenderung kebiruan layaknya Riquefort, Brie, Danish Blue, dan Camembert ternyata bisa saja memiliki kandungan bakteri listeria yang berbahaya bagi ibu hamil.