Terbit: 27 April 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Suka makan-makanan mentah seperti lalapan yang biasa dikonsumsi warga Jawa Barat, ternyata bagus manfaatnya lho, terutama untuk mental Anda. Menurut penemuan dari University of Otago, Selandia Baru, makan buah-buahan dan sayuran mentah dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Produk mentah bisa lebih bermanfaat daripada makanan yang dimasak, kaleng, dan olahan.



Penelitian tesebut juga menunjukkan bagaimana caranya mengonsumsi makanan mentah, manfaat juga harus dipertimbangkan, yang terutama bermanfaat untuk kesehatan mental.

Penelitian ini dilakukan pada orang dewasa muda karena mereka memiliki konsumsi buah dan sayuran terendah dan berisiko tinggi untuk gangguan kesehatan mental.

Para partisipan disurvei tentang konsumsi mereka yang mentah, dan buah-buahan serta sayuran yang dimasak serta kesehatan mental, gaya hidup dan faktor demografi positif dan negatif mereka, yang dapat memengaruhi kesehatan mental dengan masalah seperti tidur, olahraga, diet yang tidak sehat, kondisi kesehatan kronis dan jender.

Hasil penelitian itu menemukan bahwa makan buah-buahan dan sayuran mentah berhubungan dengan gejala depresi yang lebih sedikit, kepuasan hidup yang lebih tinggi, suasana hati positif yang lebih tinggi, dan perasaan terlibat dalam pekerjaan Anda dan kehidupan sehari-hari.

Berikut 10 makanan terbaik untuk kesehatan mental Anda, seperti melansir Boldsky:

wortel-doktersehat

Photo Credit: Flickr.com/Leo-setä

1. Wortel

Mengonsumsi wortel akan meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi tingkat stres Anda. Wortel kaya akan beta-karoten, merupakan antioksidan kuat, yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Beta-karoten dalam wortel dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik. Ini memiliki efek positif dalam fungsi otak yang tepat. Terlepas dari ini, wortel kaya antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan mencegah risiko penyakit jantung.

doktersehat-pisang- teh-insomnia-alternatif-sehat-obat

2. Pisang

Pisang juga sangat baik untuk kesehatan mental karena buah berdaging putih ini menghasilkan bahan kimia yang meningkatkan kesehatan mental yang baik. Buah kaya kalium, yang membantu otak mengirim pesan. Buah ini mungkin merupakan makanan otak paling sempurna di dunia dengan memasok nutrisi yang penting untuk fungsi neurologis yang tepat. Pisang membantu otak dengan mengatur suasana hati dan nafsu makan sementara juga mendukung fungsi kognitif seperti fokus dan memori.

doktersehat-buah-apel-harus-dicuci-dulu

pic credit: ryan harvey

3. Apel

Kulit apel dan dagingnya diketahui dapat meningkatkan kesehatan mental yang baik. Jus apel mungkin memiliki manfaat potensial untuk penurunan mental yang berkaitan dengan usia. Ini membantu dalam mengurangi spesies oksigen reaktif berbahaya di jaringan otak dan meminimalkan penurunan mental. Apel juga dapat membantu melestarikan asetilkolin, neurotransmiter yang dapat menurun seiring bertambahnya usia, dan kadar asetilkolin yang rendah terkait dengan penyakit Alzheimer.

doktersehat-bayam-sayur

4. Bayam

Sayuran hijau gelap seperti bayam mengandung tinggi folat yang ramah otak. Bayam diketahui meningkatkan kemampuan mental dan memori jangka pendek. Kekurangan folat telah dikaitkan dengan tingkat depresi, kelelahan, dan insomnia yang lebih tinggi. Makan bayam rebus setiap hari akan membantu memproses informasi lebih cepat dan meningkatkan daya ingat Anda. Makan setidaknya secangkir bayam per hari.

5. Grapefruit

Grapefruit atau jeruk Bali adalah buah jeruk yang dikenal karena rasanya yang manis dan asam. Ini kaya nutrisi, dan antioksidan yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan mental. Penelitian telah menemukan bahwa grapefruit juga merupakan sumber folat atau vitamin B9 yang baik, yang sangat penting untuk fungsi otak dan untuk produksi materi genetik seperti DNA dan RNA.

6. Selada

Sayuran berdaun hijau seperti selada mungkin baik untuk kesehatan otak Anda. Seiring bertambahnya usia Anda, sel-sel otak Anda bisa menjadi meradang dan dapat berjuang untuk berkomunikasi satu sama lain. Jadi, makan selada setiap hari dapat membuat otak Anda 11 tahun lebih muda serta mencegah demensia. Selada rendah sodium, lemak jenuh dan kolesterol. Ini adalah sumber tiamin, vitamin B6, zat besi, potassium, dll.

doktersehat-jeruk-lemon

7. Buah Jeruk

Jeruk, lemon, limau, jeruk mandarin, jeruk bali, dan jenis jeruk lainnya, baik untuk meningkatkan kesehatan mental. Flavonoid yang ada dalam buah jeruk dapat membantu menangkal penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer. Flavonoid ini juga memiliki kemampuan anti-inflamasi yang diduga membantu melindungi terhadap rantai kejadian yang menyebabkan sistem saraf memburuk. Buah jeruk meningkatkan fungsi otak dan dengan demikian melindungi otak dari gangguan neurodegeneratif.

doktersehat-buah-stroberi

Photo Credit: Andrew Malone

8. Buah Beri Segar

Beri seperti blueberry, stroberi, blackberry, raspberry, dan beri lainnya, dikenal untuk meningkatkan kesehatan otak. Blueberry berada di urutan teratas untuk menjadi makanan otak terbaik. Mereka mengandung antioksidan yang membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit dan gangguan yang berkaitan dengan usia. Buah super ini dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan daya ingat, bahkan di usia tua. Konsumsi blueberry setiap hari ditemukan dapat memperlambat gangguan memori dan koordinasi motorik.

doktersehat-wanita-cantik-wajah-muka-ketimun-mentimun-masker

9. Mentimun

Mentimun adalah makanan yang sering kita jumpai di makanan pecel lele, acar, dan makanan lainnya. Mentimun mengandung flavonol anti-inflamasi yang disebut fisetin, yang tampaknya memainkan peran utama dalam kesehatan otak. Mentimun tidak hanya membantu meningkatkan ingatan dan melindungi sel saraf Anda dari gangguan yang berkaitan dengan usia, tetapi juga mencegah memori progresif dan gangguan belajar.

doktersehat-buah-kiwi-baik-untuk-asma

10. Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung konsentrasi tinggi tembaga, yang sangat bermanfaat bagi anak-anak, karena mendukung perkembangan yang sehat pada bayi. Buah kiwi juga membantu dalam pertumbuhan tulang dan perkembangan otak pada orang dewasa muda. Ini juga membantu dalam pembentukan sel darah merah dan membangun kekebalan yang lebih kuat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi