Terbit: 11 Juni 2020 | Diperbarui: 15 Juni 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Penyebab diabetes bervariasi tergantung pada faktor genetik, riwayat keluarga, etnis, kesehatan, dan faktor lingkungan. Kondisi inilah yang membuat penyebab penyakit diabetes setiap orang berbeda-beda. Simak penjelasan mengenai berbagai hal yang bisa menyebabkan diabetes selengkapnya di bawah ini.

14 Penyebab Diabetes (No. 11 Sering Tidak Disadari)

Mengenali Berbagai Penyebab Diabetes

Sebelum menjelaskan mengenai apa penyebab diabetes, perlu diketahui bahwa penyakit ini sendiri terbagi ke dalam dua tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah kondisi autoimun di mana pankreas tidak dapat memproduksi insulin, sedangkan diabetes tipe 2 adalah resistensi tubuh terhadap insulin.

Berikut ini adalah berbagai hal yang bisa menjadi penyebab diabetes, di antaranya:

1. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe 1, di mana sistem kekebalan tubuhnya menghancurkan sel-sel di pankreas yang menghasilkan insulin. Meski tidak diketahui penyebab diabetes ini secara spesifik, beberapa kondisi yang bisa memicu hal ini antara lain:

  • Infeksi virus atau bakteri
  • Zat beracun dalam makanan
  • Disposisi genetik yang mendasari dapat menjadi penyebab diabetes tipe 1

2. Obesitas dan Kurangnya Aktivitas Fisik

Anda lebih mungkin terserang diabetes tipe 2 jika Anda tidak aktif secara fisik dan kelebihan berat badan. Berat ekstra kadang-kadang menyebabkan resistensi insulin dan sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Anda bisa menggunakan kalkulator indeks massa tubuh, untuk melihat apakah berat badan Anda berisiko terkena diabetes tipe 2 atau tidak.

3. Resistensi Insulin

Penyebab diabetes tipe 2 biasanya dimulai dengan resistensi insulin, suatu kondisi di mana sel-sel otot, hati, dan lemak tidak menggunakan insulin dengan baik. Akibatnya, tubuh membutuhkan lebih banyak insulin untuk membantu glukosa memasuki sel.

Pada awalnya, pankreas membuat lebih banyak insulin untuk memenuhi permintaan tambahan. Seiring waktu, pankreas tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup dan membuat kadar glukosa darah meningkat.

4. Genetik

Seperti pada penyebab diabetes tipe 1, gen-gen tertentu dapat membuat seseorang lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2. Selain bisa berkembang di keluarga, kondisi ini juga lebih sering terjadi pada ras atau etnis:

  • Afrika-Amerika
  • Penduduk asli Alaska
  • Indian Amerika
  • Asia Amerika
  • Hispanik/latin
  • Penduduk asli Hawaii
  • Kepulauan Pasifik

Faktor genetik dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dengan meningkatkan kecenderungan seseorang menjadi obesitas

5. Fibrosis Kistik

Cystic fibrosis atau fibrosis kistik adalah penyakit keturunan yang membuat tubuh menghasilkan lendir tebal sehingga menyebabkan jaringan parut di pankreas. Jaringan parut ini dapat mencegah pankreas membuat insulin yang cukup.

Meski begitu, gejala yang dialami oleh penderita bisa berbeda-beda tergantung organ yang yang mengalami penyumbatan dan tingkat keparahannya.

6. Hemokromatosis

Hemokromatosis adalah kondisi di mana tubuh menyimpan terlalu banyak zat besi. Jika tidak ditangani, zat besi bisa menumpuk dan merusak pankreas dan organ lainnya. Penyebab utama kondisi ini adalah kelainan atau mutasi pada gen yang mengatur penyerapan zat besi oleh tubuh.

Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh oleh penyakit autoimun, di mana zat besi menumpuk dengan cepat di organ hati, terutama pada masa perkembangan janin.

7. Sindrom Cushing

Sindrom Cushing adalah kondisi yang bisa terjadi akibat tingginya hormon kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol juga dikenal sebagai hormon stres karena diproduksi oleh tubuh saat seseorang mengalami stres. Peningkatan kadar hormon ini bisa disebabkan oleh faktor dari dalam (misal tumor pada kelenjar hipofisis atau ginjal) atau dari luar tubuh (konsumsi obat kortikosteroid jangka panjang). Kelebihan hormon kortisol dapat menyebabkan kadar gula tinggi karena proses glukoneogenesis.

8. Akromegali

Penyebab diabetes berikutnya bisa disebabkan oleh akromegali. Akromegali adalah penyakit gangguan hormon yang muncul karena tubuh kelebihan hormon pertumbuhan. Peningkatan hormon pertumbuhan ini umumnya disebabkan oleh tumor jinak di kelenjar hipofisis.

Selain itu, peningkatan hormon ini juga bisa terjadi akibat tumor pada organ pankreas atau paru-paru. Meski begitu, ini adalah kondisi yang jarang terjadi.

9. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme atau hipertiroid adalah ketika kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Gangguan hormon ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari efek samping obat hingga penyakit autoimun. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab diabetes.

10. Obat-Obatan

Penyebab penyakit diabetes kadang-kadang juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu. Obat tertentu dapat membahayakan sel beta pankreas atau mengganggu cara kerja insulin. Beberapa obat tersebut, antara lain:

  • Niacin, sejenis vitamin B3
  • Beberapa jenis obat diuretik
  • Obat antikejang
  • Obat kejiwaan
  • Obat untuk mengatasi HIV
  • Pentamidine, obat yang digunakan untuk mengobati jenis pneumonia
  • Glukokortikoid, obat yang digunakan untuk mengobati penyakit radang seperti rheumatoid arthritis, asma, lupus, dan kolitis ulseratif
  • Obat anti-rejection, obat yang digunakan untuk untuk mencegah reaksi penolakan tubuh, ketika tubuh baru saja menerima organ baru melalui prosedur transplantasi

Jika Anda menggunakan obat-obatan di atas dan khawatir dengan efek sampingnya, konsultasikan dengan dokter.

11. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan yang dibuat dengan tepung putih, gula putih, dan nasi putih, pada dasarnya adalah makanan yang tidak mengandung serat penting, vitamin, dan mineral yang sehat.

Makanan ini dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin karena sangat mudah dicerna. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Agar risiko penyakit diabetes berkurang, batasi asupan makanan yang dibuat dengan karbohidrat olahan seperti roti, muffin, kue, kerupuk, dan pasta.

12. Lemak Jenuh dan Trans

Lemak jenuh dan trans dapat menjadi penyebab diabetes karena makanan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tingginya kadar kolesterol merupakan faktor risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Lemak trans ada dalam makanan yang dipanggang dan makanan yang digoreng, sementara lemak jenuh dapat ditemukan dalam daging berlemak, mentega, susu, dan keju.

Agar terhindar dari lemak jenuh dan lemak trans, makanan bisa dimasak dengan minyak zaitun atau minyak canola. Selain itu, pilih daging tanpa lemak dan daging unggas tanpa kulit. Jika Anda ingin mengonsumsi salad, hindari dressing menggunakan keju, pilihlah saus vinaigrette.

13. Daging Merah dan Olahan

Daging merah dan daging olahan keduanya terkait dengan diabetes tipe 2. Daging olahan seperti bacon, hot dog, dan daging deli tidak baik bagi kesehatan karena kadar natrium dan nitritnya yang tinggi. Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi 85 gram daging merah per hari bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Sementara pada jumlah yang lebih sedikit, konsumsi daging olahan meningkatkan risiko yang lebih besar pada penyakit diabetes.

14. Minuman Manis

Selain makanan penyebab diabetes, minuman juga bisa menyebabkan kondisi ini. Minuman manis mengandung kadar gula yang tinggi sehingga bisa meningkatkan resistensi insulin. Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi satu sampai dua minuman manis per hari bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Salah satu cara terbaik untuk meminimalkan efek gula pada kesehatan adalah dengan membatasi asupan minuman manis seperti soda, teh manis, dan jus buah kemasan.

Nah, itulah berbagai penyebab diabetes yang harus Anda waspadai.

 

  1. Anonim. Symptoms & Causes of Diabetes. https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/symptoms-causes#:~:text=Type%201%20diabetes%20occurs%20when,that%20might%20trigger%20the%20disease. (Diakses pada 11 Juni 2020).
  2. Anonim. 2019. Causes of Diabetes. https://www.diabetes.co.uk/diabetes-causes.html. (Diakses pada 11 Juni 2020).
  3. Radcliffe, Shawn. 2018. Four Food Choices That Greatly Increase Your Diabetes Risk. https://www.healthline.com/health-news/food-four-food-groups-that-raise-diabetes-risk-111313#1. (Diakses pada 11 Juni 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi