Zat Makanan Yang Bisa Melindungi Perokok Pasif

DokterSehat.Com – Indonesia termasuk dalam negara yang belum terlalu tegas dalam memberikan peraturan merokok di tempat umum. Kita tentu akan dengan mudah melihat banyak orang merokok di depan siapapun dimanapun tanpa ragu meskipun banyak orang tua dan anak kecil yang beresiko terpapar asap rokok. Melihat banyaknya resiko terkena asap rokok dan menjadi perokok pasif, lingkungan di luar rumah pun akan kurang ramah bagi mereka yang tidak merokok. Padahal, menjadi perokok pasif juga memiliki resiko besar mendapatkan banyak gangguan kesehatan dari kandungan-kandungan beracun rokok. Adakah cara untuk melindungi tubuh kita dari masalah ini?

doktersehat-obat-minyak-ikan

Jawaban dari pertanyaan tersebut ternyata iya. Peneliti menemukan sebuah fakta menggembirakan dimana kandungan asam omega 3 ternyata bisa membantu tubuh kita mengurangi resiko terkena gangguan kesehatan dari paparan asap rokok. Penelitian yang dijabarkan pada World Congress of Cardiology di Dubai, Uni Emirat Arab ini menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 bisa memperbaiki kerusakan-kerusakan pada pembuluh arteri yang disebabkan oleh rokok. Bahkan, pembuluh arteri pun bisa mengalami peningkatan kekuatan sehingga resiko terkena masalah kardiovaskular pun bisa ditekan dengan asupan makanan ini.

Asam lemak omega 3 sendiri banyak ditemukan dalam makanan ikan. Kandungan asam lemak omega 3 sendiri diklaim mampu mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan saraf, kesuburan, hingga psikologis. Kemampuan melindungi sistem saraf sendiri ditemukan oleh penelitian yang dilakukan di Inggris dimana dalam penelitian ini, tikus percobaan mengalami perbaikan kekuatan pada sel-se tubuhnya setelah diberikan asupan omega 3.

Dengan banyak mengkonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega 3 dan kandungan DHA yang tinggi, volume otak pun bisa menjadi lebih besar dan bisa mempengaruhi kecerdasan, memori, hingga kesehatan secara umum dan kesuburan laki-laki. Dengan adanyaa berbagai kebaikan yang ditawarkan oleh asam lemak omega 3, apakah anda sudah mengkonsumsi ikan hari ini?