Zat Kandungan Tempe dan Tahu Yang Kaya Gizi

DokterSehat.Com – Menyebutkan makanan khas tanah air tentu tidak akan lepas dari tahu dan tempe. Tahu dan tempe telah menjadi makanan yang sangat merakyat dan dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Disamping harganya yang sangat merakyat, rasa dari tahu dan tempe yang sangatlah enak membuat banyak orang tidak keberatan untuk mengkonsumsinya dengan frekuensi yang cukup tinggi. Untungnya, dibalik merakyatnya tempe dan tahu, ternyata banyak sekali kandungan gizi yang ditawarkan makanan ini sehingga jika kita mengkonsumsinya, kita bisa mendapatkan banyak faedah yang baik bagi tubuh.

doktersehat-tahu-tempe

Tempe dan tahu terbuat dari bahan kacang kedelai yang dikenal luas kaya akan kandungan protein. Selain itu, tempe dan tahu juga memiliki banyak kandungan lemak baik dan kalori. Selain itu, kita juga bisa menemukan vitamin b kompleks, magnesium, zat besi, kalsium, seng, hingga fosfor pada bahan makanan ini. Yang menarik bagi tempe dan tahu adalah, semua orang bisa mengkonsumsinya. Bahkan, para vegetarian pun tidak ragu untuk mengkonsumsi tempe dan tahu mengingat banyaknya kandungan baik di dalamnya.

Tempe dan tahu dikenal luas memiliki kandungan isoflavon yang sangat tinggi. Isoflavon sendiri adalah sebuah antioksidan yang baik untuk menjaga tubuh dari berbagai masalah kesehatan pada tubuh. Selain itu, banyak pakar kesehatan yang menyebutkan jika konsumsi tempe dan tahu bisa membuat resiko penyakit jantung dan masalah osteoporosis menurun dengan signifikan. Konsumsi tempe dan tahu sebagai pengganti makanan hewani akan membuat kadar kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh menurun hingga 10-20 persen dengan signifikan sehingga resiko penyakit jantung koroner menurun. Selain itu, banyak penelitian yang menunjukkan jika diet tinggi produk kedelai ternyata akan meningkatkan kandungan mineral pada tulang sehingga kepadatan tulang pun membaik sehingga kita pun bisa terhindar dari masalah osteroporosis.

Baca Juga:  Ereksi Pada Penis Pada Pagi Hari Atau Bangun Tidur

Meskipun masih belum mendapatkan bukti yang sahih, banyak orang yang berpendapat jika konsumsi produk kedelai layaknya tempe dan tahu ternyata bisa melindungi berbagai organ tubuh layaknya payudara, prostat, hingga usus besar dari penyakit kanker. Dengan adanya berbagai kebaikan yang ditawarkan oleh tempe dan tahu, kita tentu akan semakin mudah menikmati makanan yang murah meriah namun terasa enak ini, bukan?