Zaskia Adya Mecca Muntah Darah Saat Hamil Muda, Apa Penyebabnya?

DokterSehat.Com– Beberapa hari lalu artis cantik Zaskia Adya Mecca mengumumkan dirinya kembali hamil melalui akun Instagram pribadinya. Dalam postingannya, Ia menyebutkan bahwa trimester kehamilan pertama biasanya akan menjadi hal yang sangat berat baginya. Benar saja, dikabarkan bahwa Zaskia sampai dilarikan ke rumah sakit karena muntah darah. Apakah hal ini berbahaya?



Photo Credit: Instagram/ zaskiadyamecca

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa muntah darah ternyata hal yang biasa terjadi pada trimester kehamilan pertama dan disebut sebagai hematemesis. Biasanya, darah yang keluar akan memiliki warna yang cenderung gelap atau kehitaman. Hal ini biasanya disebabkan oleh pendarahan pada saluran gastrointestinal bagian atas dan dipicu oleh asam haematin. Selain itu, ada penyebab lain muntah darah di trimester kehamilan pertama seperti sebagai berikut.

Dehidrasi
Dehidrasi menjadi penyebab paling sering kejadian muntah darah pada ibu hamil. Saat tubuh kehabisan cairan akibat dari mual-mual dan muntah atau yang dikenal sebagai morning sickness, maka tubuh akan mengalami tekanan berlebihan dan akhirnya memuntahkan cairan darah yang berasal dari empedu.

Kelaparan
Parahnya morning sickness membuat ibu hamil tak kunjung bisa makan dan akhirnya bisa membuatnya kelaparan. Karena tidak ada lagi makanan dalam perutnya, maka ibu hamil pun bisa muntah darah.

Pecahnya esofagus
Seringnya muntah akibat morning sickness bisa menyebabkan tekanan berlebihan yang akhirnya memecahkan esofagus. Hal ini bisa berimbas pada muntah darah.

Tekanan darah tinggi
Tekanan darah yang meningkat saat hamil akibat dari stress atau rasa gugup yang berlebihan juga bisa menyebabkan muntah darah.

Keracunan
Jika ibu hamil mengkonsumsi makanan yang kurang higienis atau yang bisa memicu alergi, maka hal ini bisa membuatnya muntah darah.

Konsumsi obat-obatan tertentu
Beberapa jenis obat yang berjenis anti inflamasi ternyata bisa memicu iritasi atau pendarahan dan akhirnya memicu muntah darah.

Satu hal yang pasti, ibu hamil yang mengalami muntah darah sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter kandungan untuk mendapatkan solusi yang tepat.