Yuk Perbaiki Kualitas Tidur Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

DokterSehat.Com – Saat ini insomnia menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang orang dewasa hingga lanjut usia. Sebagian besar diantara mereka merasa terganggu akibat jam tidur dimalam hari yang tidak terkendali.

13

Sebagian lagi adapula yang jarang mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Mereka biasanya seringkali merasakan gelisah yang tak karuan, sulit mendapatkan posisi tidur yang nyaman serta mudahnya terganggu oleh suara-suara aneh yang umum dijumpai ketikan malam hari. Selain itu, adapula mereka yang mendapatkan waktu tidur cukup, namun ketika bangun merasakan lesu, lelah dan ingin melanjutkan kembali tidurnya.

Bagi mereka yang menderita insomnia, solusi yang umum adalah mendapatkan resep dari dokter serta mengganti tempat tidurnya dengan tingkat kelembutan yang sedang. Kondisi bantal yang terlalu lembut dan terlalu keras bisa menjadi faktor penyebab terganggunya tidur seseorang.

amun disamping itu, adapula penyebab lain yang dapat menyebabkan buruknya kualitas tidur, yakni salah satunya adalah pola yang kurang terjaga. Ya, jenis makanan yang anda konsumsi sehari-hari akan pula menentukan kualitas tidur anda di malam hari. Hal ini bukan berarti hanya berhenti mengkonsumsi kopi, yang mana kita ketahui kopi dapat membuat seseorang terjaga lebih lama.

Nah, berikut ini bagi anda yang ingin memperbaiki kualitas tidurnya, beberapa makanan ini akan membantu anda mewujudkan tidur yang lebih nyenyak dan lebih nyaman :

  • Konsumsi makanan dengan kandugan kaarboohidrat
    Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tubuh akan mendapatkan ledakan energi beberapa menit setelahnya. Selain itu, karbohidrat juga akan mampu meningkatkan tingkat gula darah dalam tubuh, yang pada gilirannya akan memicu tubuh memproduksi insulon untuk mengatur gula darah. Nah, setelah kadar gula darah dan insulin dalam tubuh menurun maka anda akan cepat merasakan kantuk sehingga anda dapat tertidur dengan pulas.
  • Kunsumsi makanan yang rendah lemak
    Saat hendak menjelang tidur sebaiknya jauhkan menu-menu makanan seperti junk food, gorengan atau makanan lain dengan kandungan lemak yang tinggi. Sebab selain membahayakan kesehatan dan dapat meningkatkan resiko obesitas. Makanan yang tinggi akan lemak akan memperburuk jam malam seseorang yang membuat tidurnya menjadi tidak nyenyak.
  • Konsumsi cemilan dengan kandungan vitamin B6
    Ketika anda merasakan sedikit lapar diantara waktu makan, jangan terburu-buru meraih sekantong keripik. sebab makanan tersebut memiliki kandungan pengawet dan sodium yang begitu tinggi yang mana tidak baik untuk kesehatan anda. Sebaliknya, pilihlah opsi cemilan sehat seperti sereal, kacang-kacangan atau pisang. Sebab beberapa makanan ini memiliki kandungan vitamin B6 yang baik. Sebenarnya, Vitamin B6 tidak memiliki manfaat utama dalam memperbaiki kualitas tidur, namun berkontribusi dalam menciptakan hormon melantonin, yakni hormon yang mengantarkan kita tertidur dengan nyenyak. Untuk itulah, mengkonsumsi makanan diatas akan baik dalam memperbaiki kualitas tidur anda.
  • Konsumsi makanan dengan kandungan melatonin alami
    Melantonin merupakan neurohormon yang bertindak sebagai anti-oksidan. Nah, sumber alami hormon melantonin ini bisa anda dapatkan dari buah ceri. Ceri memiliki kandungan asam amino tryptophan, yang diubah menjadi serotinin yang kemudian menjadi melantonin dalam tubuh. Hormon melantonin ini adalah seyawa alami yang dapat menjadi obat alternatif untuk tidur. Untuk itu, mengkonsumsi buah ceri akan sangat ampuh membantu anda dalam memperbaiki kualitas tidur anda. Minum jus ceri disiang hari dan sebelum tidur adalah obat alami untuk insomnia. Selain dalam buah ceri, melantonin alami juga bisa anda temukan dalah ikan, stroberi, raspberry, anggur, almon dan tanaman tertentu seperti beras, gandum dan oat.
Baca Juga:  Kebiasaan Tidur yang Baik untuk Mengalahkan Insomnia

Demikian beberapa daftar makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Waktu istirahat yang cukup dengan kualitas tidur yang baik akan dapat mengembalikan energi anda yang terkuras sehingga anda akan merasa lebih siap kembali mengerjakan aktivitas sehari-hari.