Yuk, Mengenal Sindrom Dry Eye

DokterSehat.Com – Mata merupakan indera yang penting bagi setiap insan manusia. Memiliki mata yang sehat tentunya keinginan setiap orang. Jika terdapat masalah pada mata tentunya segala aktivitas bisa terganggu. Salah satu masalah pada mata yang dapat dialami adalah sindrom dry eye. Sindrom dry eye merupakan salah satu masalah yang bisa terjadi pada siapapun. Sindrom dry eye merupakan masalah yang melibatkan produksi air mata.

doktersehat-mata-merah-kurang-vitamin-C-bakteri-glaukoma-Eksoftalmus

Mata dalam keadaan normal membutuhkan air mata untuk menjaga agar mata tetap bersih dan sehat. Air mata diproduksi oleh kelenjar air mata (glandula lacrimalis). Setiap kita berkedip, air mata membasahi mata untuk menjaga kelembaban mata. Berbeda halnya pada mereka yang mengalami sindrom dry eye, fungsi kelenjar air mata terganggu. Kelenjar air mata tidak dapat memproduksi cukup air mata atau air mata menguap terlalu cepat.

Sindrom dry eye biasanya terjadi pada lansia dan mereka yang menderita penyakit tertentu seperti DM (diabetes melitus), konjungtivitis alergi, dan lainnya. Sindrom dry eye bisa sembuh dengan penatalaksanaan yang tepat, namun pada beberapa orang sindrom ini bisa menjadi masalah seumur hidup.

Penyebab sindrom dry eye
Dry eye dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain karena pengaruh lingkungan, terlalu lama didepan komputer, kelelahan, terpapar asap rokok terlalu lama. Hal-hal lain yang bisa menjadi penyebab antara lain penggunaan lensa kontak terlalu lama, obat-obatan tertentu, dan pada beberapa orang karena faktor usia.

Gejala dan Tanda
Gejala bervariasi antar individu, biasanya menunjukkan gejala mata terasa gatal, terasa kering, dan iritasi. Dokter akan menegakkan diagnosis dry eye dari keluhan anda dan pemeriksaan mata. Namun pada beberapa orang kadang memerlukan pemeriksaan tambahan untuk mengetahui apakah kelenjar air mata memproduksi air mata yang cukup.

Baca Juga:  Super Lutein Herbal Untuk Semua Jenis Penyakit Mata

Penatalaksanaan
Sindrom dry eye biasanya diberikan tetes mata yang berisikan air mata artifisial. Namun demikian anda harus menemui dokter sebelum membeli obat tersebut agar dapat memperoleh yang tepat. Membeli tetes mata sembarangan, misalnya tetes mata untuk mata merah, justru membuat keluhan menjadi memburuk.
Selain obat di atas, gaya hidup juga harus diubah agar dry eye tidak menjadi parah. Misalnya saja mengurangi kebiasaan memakai lensa kontak terlalu lama, mengurangi lama waktu didepan komputer dan kebiasaan lain yang bisa mencetuskan dry eye.