Yuk Ketahui Beberapa Hal Untuk Jaga Kesehatan Jantung Anda

DokterSehat.Com – Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi vital. Secara umum, jantung berfungsi dalam proses sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh. Ada berbagai hal yang sebaiknya anda ketahui tentang organ tubuh yang satu ini sehingga anda dapat menjaga kesehatan jantung secara lebih optimal. Jantung yang sehat dapat membantu anda terhindar dari berbagai penyakit serta gangguan kesehatan yang dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan anda. Secara umum, sehat atau tidaknya jantung seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti gaya hidup, pola makan, maupun kebiasaan berolahraga. Dengan memperhatikan faktor-faktor pendukung jantung sehat, anda bisa menjaga kondisi organ tubuh yang satu ini secara lebih maksimal dan meningkatkan kualitas hidup anda dengan lebih baik.

13

Berikut beberapa hal menurut www.fitnea.com yang bisa Anda lakukan, sekaligus fakta tentang jantung Anda :

  1. Tidur tujuh sampai delapan jam untuk melindungi jantung anda
    Jika Anda ingin tetap sehat dan menjaga jantung tetap bisa bekerja dengan normal dan terhindar segala penyakit kardiovaskuler, maka tidur selama 7-8 jam per hari adalah suatu keharusan. Orang yang tidur hanya 6 jam atau kurang dari itu menunjukkan adanya risiko terserang penyakit jantung lho. Saat Anda kurang tidur, tubuh akan kelelahan dan kelelahan adalah gejala lain dari penyakit jantung yang sering diabaikan pada wanita. Hal ini dikarenakan tidur membantu untuk mengatur aktivitas insulin, dan kurang tidur sebabkan resistensi insulin. Anda akan menghasilkan lebih banyak kadar gula darah yang tinggi yang nantinya akan berpengaruh terhadap penambahan berat badan dan tingginya risiko penyakit jantung.
  1. Turunan berat badan paling tidak 5 kilogram
    Jika Anda memiliki tubuh yang gemuk, atau bahkan obesitas, maka diet adalah suatu keharusan. Turunkan berat badan paling tidak 5 kg saja, dan itu akan mampu membuat jantung bekerja dengan lebih santai. Wanita dengan lingkar pinggang lebih dari 40 inci dan laki-laki dengan lingkar pinggang lebih dari 45 inci berada pada level tinggi dalam hal peningkatan risiko penyakit jantung. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 10-15 persen berat badan Anda turun secara signifikan akan meningkatkan kesehatan jantung. Lakukan paling tidak 25 menit gerakan senam aerobik atau setidaknya 4 kali seminggu untuk perkuat jantung, turunkan tekanan darah dan turunkan kolesterol.
  1. Tertawa dan rileks
    Anda tahu, bahwa tertawa adalah obat alami untuk menyembuhkan penyakit? Jika Anda ingin jantung Anda tetap bugar, maka tertawalah. Tubuh merespon tawa dengan menurunkan tingkat stres hormon kortisol. Jika kadar kortisol rendah, makan juga akan mampu menurunkan tekanan darah dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda serta suasana hati Anda. Bahkan tertawa secara alami mampu menurunkan kadar stress dan menghindari depresi. Tertawa juga akan merangsang produksi endorpin yang akan membuat Anda bahagia.
  1. Minum air putih dan asam lemak omega-3 akan perkuat jantung
    Cukup jaga tubuh Anda terhidrasi dengan minum air dan ambil 1 butir kapsul omega-3 untuk memperkuat jantung Anda. Mungkin Anda tidak akan bisa makan ikan laut setiap hari, jadi konsumsi suplemen omega-3.
  1. Ketahui riwayat penyakit keluarga
    Ketahui juga apakah ada salah satu anggota keluarga yang sakit jantung, stroke, atau penyakit kardiovaskuler lainnya. Jika iya, maka konsultasi ke dokter bisa dilakukan untuk memastikan Anda juga memiliki risiko yang sama terhadap penyakit yang pernah menyerang anggota keluarga Anda.