Yuk Deteksi Keberadaan Kanker Payudara Pada Tubuh

DokterSehat.Com – Penyakit kanker bukanlah penyakit yang mudah untuk dideteksi keberadaannya. Tidak jarang, seseorang yang nampak sehat dan tampak bugar justru berisiko mengalami kanker payudara dan kanker lainnya.

6

Sebagai salah satu anggota tubuh yang paling berharga dan juga paling rentan terhadap risiko kanker, cobalah untuk memulai mendeteksi sejak dini keberadaan kanker pada tubuh Anda. Sebenarnya, deteksi kanker bisa dilakukan sejak dini. Lalu bagaimana cara untuk mendeteksi keberadaan sel kanker payudara dalam tubuh?

Berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan untuk memastikan Anda berisiko kanker payudara atau tidak :

• Benjolan
Penelitian menyebutkan bahwa salah satu gejala kanker yang sering terlihat adalah adanya benjolan pada tubuh. Ketika Anda ingin mengetahui payudara Anda bebas dari kanker atau tidak, cobalah untuk meraba payudara Anda.

Ketika Anda merasakan ada benjolan ataupun hal yang aneh dengan payudara Anda, usahakan untuk segera periksakan diri ke dokter dan cari tahu apa yang terjadi pada payudara Anda.

• Nyeri hebat
Inilah salah satu gejala yang paling sering dirasakan para penderita kanker payudara sebelum ia benar-benar didiagnosa mengidap kanker. Kanker payudara biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri hebat di sekitar payudara, di lengan bagian atas dan juga di punggung.

Perlu Anda tahu, rasa nyeri tidak terjadi setiap hari. Namun, Anda tidak boleh meremehkan hal ini. Pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan jika Anda merasa nyeri hebat pada salah satu bagian tubuh Anda khususnya bagian payudara. Mendeteksi nyeri karena kanker payudara bisa dilakukan dan diketahui saat tubuh Anda terlalu lelah karena pekerjaan yang menumpuk ataupun karena perasaan stress.

• Warna payudara
Payudara yang sehat akan memiliki warna yang sama dengan warna kulit. Dan ketika seseorang berisiko kanker payudara, warna payudara akan lebih berbeda. Tidak jarang payudara memiliki warna yang sedikit gelap di daerah sekitar puting. Bukan hanya itu saja, tekstur kulit payudara juga akan memerah bahkan meruam terlihat seperti kulit buah jeruk.

Baca Juga:  Depresi Perpendek Hidup Pasien Kanker

Untuk mendeteksinya, Anda bisa mengamati warna kulit payudara Anda. Jika tidak bisa melakukan secara langsung, cobalah berdiri di depan kaca dan lihat warna payudara Anda. Lihat juga bagaimana keadaan puting Anda. Puting yang menjorok ke dalam juga bisa menjadi tanda Anda berisiko terkena kanker payudara.

• Cari tahu riwayat kesehatan keluarga
Beberapa study menyebutkan bahwa kanker adalah penyakit yang dengan mudah diturunkan kepada seseorang melalui orang tua dan kerabat. Ketika Anda memiliki keluarga yang mengidap kanker payudara terlebih orang itu adalah ibu, pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan pada tubuh Anda.

Ketika Anda mulai menemui keganjalan pada kesehatan tubuh Anda, jangan sungkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Selain cara di atas, mendeteksi keberadaan kanker payudara bisa dilakukan dengan melakukan tes darah, tes bedah (Biospi), imaging test, Ultrasound (USG) dan MRI di rumah sakit.

Itulah cara mendeteksi keberadaan kanker payudara. Usahakan memeriksakan diri ke dokter sejak dini agar kanker yang kemungkinan ada di dalam tubuh bisa segera diatasi serta disembuhkan.