Yuk Bersihkan Dispenser Jika Tidak Ingin Mengalami Hal Berbahaya

DokterSehat.Com – Seperti kita ketahui Dispenser kini hampir ada di setiap rumah, bahkan di kantor pun sepertinya benda ini sudah menjadi benda wajib yang paling dilirik orang orang ketika sedang haus, apalagi tombol untuk air dinginnya itu, hayo ngaku saat kamu sedang haus atau lelah di hari yang panas dan lihat dispenser pasti tombol air dingin kan yang di tekan?

11064873956_6ef5b12fee_b

Meskipun kita sering menggunakan dispenser, tapi kita sering lupa bahwa dispenser yang kita pakai juga membutuhkan perawatan bukan hanya kebersihan dibagian luar saja tapi juga bagian yang ada didalamnya. biasanya kita hanya membersihkan bagian luarnya saja, tapi sangat jarang membersihkan bagian dalam dispenser terutama tabung pemanas.

Berdasarkan pengalaman dari seorang netizen, suatu hari saat membersihkan bagian dalam dispenser, ia merasa kaget dan tak percaya, saat ia melihat ada gumpalan-gumpalan putih seperti bubur kertas didalam tabung pemanas.

Padahal air galon yang ia gunakan selama ini adalah air mineral dengan merek yang terkenal. Belum diketahui darimana gumpalan-gumpalan putih tersebut berasal, namun ia menyimpulkan Sepertinya gumpalan putih tersebut merupakan endapan yang terbentuk dari zat yang terkandung dalam air seperti fluoride dan lain sebagainya, jamur, atau memang kotoran debu yang tak tersaring sempurna saat proses produksi air tersebut. Tetapi anda bisa bayangkan bahaya kesehatan yang mengancam tubuh kita, jika terus mengkonsumsi air minum yang setiap hari selalu bercampur dengan gumpalan kotoran tersebut. Tak terbayang berapa banyak bakteri yang bersarang di sana?

Kita semua harus tahu, bahwasanya air mineral dengan merek terkenal sekalipun belum tentu baik bagi kesehatan karena dapat meninggalkan bekas yang terakumulasi seperti itu, apalagi bila air yang digunakan adalah air isi ulang sembarang yang dari segi kecanggihan proses filtrasi dan kandungan zatnya masih diragukan. Dari aspek mikrobiologinya, air yang sehat tidak mengandung mikroba penyebab penyakit (patogen). Sedangkan air yang tercemar atau tidak sehat biasanya mengandung bakteri E. coli yang bisa menyebabkan diare dan Salmonela typhi yang menyebabkan penyakit typus. Bila air yang kita minum tercemar oleh kedua bakteri tersebut, kemungkinan kita akan terkena diare dan typus. Tentu saja anda tidak ingin penyakit berbahaya itu menyerang anda dan juga menyerang keluarga yang anda sayangi.

Baca Juga:  Benarkah Pria Yang Tidak Menggunakan Celana Dalam Lebih Sehat?

Lalu bagaimana agar hal tersebut tidak terjadi? mulai dari sekarang kita harus lebih selektif dalam memilih air kemasan galon, dan yang paling penting adalah sering-seringlah membersihkan bagian dalam dispenser anda terutama bagian tabung pemanas. Lakukan sterilisasi bagian dalam dispenser dengan rutin, agar dispenser dapat bekerja dengan baik. Membersihkan dispensir sacara teratur juga dapat mengurangi penyebaran bakteri dalam air.

Nah guys, bersihkan dispenser Anda sekarang juga ya. Tinggalkan Pendapat Anda di bawah ini!

BACA JUGA : Ciri-ciri Kanker Mulut Yang Harus Diwaspadai