Yoghurt, Makanan Lezat Untuk Menjaga Berat Badan

DokterSehat.Com – Tahukah anda, lebih dari satu setengah milyar orang dewasa di dunia mengalami obesitas atau kasus kelebihan berat badan? Jumlah ini memang sangat mencengangkan namun memang begitu adanya. Manusia modern memang cenderung mengkonsumsi banyak makanan yang kurang sehat sehingga tentu akan sangat mudah terkena masalah obesitas. Banyak orang yang terpaksa harus melakukan diet ketat agar bisa menurunkan berat badan yang biasanya diiringi dengan larangan mengkonsumsi beberapa makanan favorit. Untungnya, kini kita bisa membantu program diet tersebut namun masih bisa mengkonsumsi makanan yang lezat, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi yoghurt.

doktersehat-yoghurt-cokelat

Efek Menurunkan Nafsu Makan
Yoghurt yang dimaksud tentu adalah yoghurt rendah lemak. Pakar kesehatan bahkan mengklaim jika yoghurt bisa memberikan efek signifikan dalam menurunkan berat badan, khususnya dalam mengendalikan nafsu makan. Bagaimana cara yoghurt melakukannya? Yoghurt rendah lemak ternyata memiliki kandungan protein sebanyak 12 gr, cukup tinggi untuk mengendalikan nafsu makan. Protein tinggi ternyata bisa membuat hormon yang mengundang nafsu makan menjadi lebih rendah dan jika orang dewasa mengkonsumsi protein dengan jumlah yang cukup tinggi, maka nafsu makannya pun cenderung jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan dengan kadar protein rendah.

Membantu Meningkatkan Pembakaran Lemak
Sebuah penelitian kesehatan tentang obesitas pada tahun 2004 juga melaporkan bahwa jika produk susu atau yoghurt dilibatkan dalam program diet, maka potensi untuk menurunkan berat badan bahkan meningkat hingga 70 persen jika dibandingkan dengan mereka yang diet tanpa memakai produk susu. Selain itu, Yoghurt rendah lemak dapat membantu mempertahankan massa otot dan juga membantu pembakaran lemak dengan efektif yang tentu saja bisa berimbas pada penurunan kadar lemak dalam tubuh secara signifikan.

Baca Juga:  Gatal-Gatal Pada Telinga

Pelaku diet bisa mengkonsumsi yoghurt rendah lemak setidaknya tiga kali dalam sehari dalam jangka waktu 3 bulan dan kemungkinan untuk menurunkan lemak bisa meningkat drastis hingga 81 persen, khususnya pada bagian perut dimana timbunan lemak banyak ditemukan. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa setelah konsumsi yoghurt selama tiga bulan, tubuh bisa kehilangan sekitar 10 pon lemak. Jumlah yang tentu sangat banyak untuk membuat berat badan menjadi semakin ideal.