Yoghurt Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Darah Tinggi

DokterSehat.Com – Produk susu adalah salah satu asupan makanan yang dianggap sangat menyehatkan bagi tubuh. Tak percaya. Susu sudah termasuk dalam asupan empat sehat lima sempurna yang bisa memberikan kebaikan layaknya mineral, kalsium, hingga beberapa jenis vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain susu, terdapat beberapa produk susu lain yang juga akan sangat baik jika dikonsumsi dengan rutin yang disebut sebagai yoghurt.

doktersehat-hepatitis-puasa

Konsumsi yoghurt kerap kali dikaitkan dengan program penurunan berat badan atau bagi mereka yang ingin melancarkan saluran pencernaan. Dari penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, ditemukan sebuah fakta mengejutkan dimana kaum hawa yang sering mengkonsumsi yoghurt ternyata memiliki resiko terkena tekanan darah tinggi jauh lebih rendah. Penelitian ini melibatkan banyak sekali data dari wanita berusia 25 hingga 55 tahun dan juga para pria berusia 40 hingga 75 tahun. Penelitian yang dilakukan selama 18 -30 tahun ini pada akhirnya berhasil mendokumentasikan lebih dari 74,000 kasus tekanan darah tinggi dan menemukan fakta bahwa mereka yang rajin mengkonsumsi yoghurt akan cenderung jarang terkena masalah tekanan darah tinggi.

Dari penelitian ini, ditemukan fakta dimana kaum wanita mengkonsumsi yoghurt lebih banyak jika dibandingkan dengan pria. Sementara itu, kaum wanita yang setidaknya mengkonsumsi lima porsi yoghurt setiap minggunya ternyata memiliki resiko yang jauh lebih rendah, yakni 20 persen, untuk terkena penyakit tekanan darah tinggi. Yoghurt bisa disertakan dalam program diet harian untuk memastikan bahwa tekanan darah bisa dikendalikan. Sebagai contoh, untuk mencegah munculnya tekanan darah tinggi, maka kita sebaiknya mulai mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang cukup rendah.

Dengan mengkonsumsi yoghurt, kita pun akan memiliki resiko terkena masalah kesehatan yang jauh lebih besar, yakni penyakit jantung atau stroke. Kedua penyakit berbahaya ini memang berkaitan erat dengan masalah tekanan darah tinggi. Melihat fakta-fakta ini, apakah anda sudah mengkonsumsi yoghurt hari ini?