Yoga Wajah Bisa Membuat Anda Terlihat 3 Tahun Lebih Muda

DokterSehat.Com– Uji klinis terbaru menawarkan bukti bahwa latihan pada pipi dan mulut secara rutin ternyata bisa membuat perbedaan yang nyata, yakni membuat penampilan wajah lebih muda.

doktersehat-wanita-cantik-muka-wajah-make-up-cuci-sunblock

Seperti Anda tahu bahwa olahraga dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat dan awet muda seiring bertambahnya usia. Kini, para ahli kulit mengatakan bahwa cara berolahraga pada wajah dapat memiliki manfaat yang serupa.

Wanita yang mengikuti rutinitas olahraga bernama yoga wajah ini, melakukannya selama 30 menit beberapa kali dalam seminggu, tampak tiga tahun lebih muda setelah 20 minggu latihan, menurut sebuah surat yang diterbitkan di JAMA, Dermatologi, seperti mengutip dari Health, Jumat (5/1/2018).

Minat terhadap yoga wajah telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar karena klaim bahwa hal itu dapat meremajakan kulit wajah, mungkin dengan merangsang pertumbuhan otot yang mendasari.

Sampai sekarang, belum ada uji klinis yang dipublikasikan untuk menilai apakah jenis yoga ini benar-benar dapat memperbaiki penampilan kulit dan fitur wajah.

Jadi, ahli kulit dan peneliti dari Northwestern University bekerja sama dengan Gary Sikorski, pencipta yoga wajah, untuk menguji tekniknya pada sekelompok kecil wanita paruh baya yang ingin terlihat lebih muda.

Wanita berusia antara 40 dan 65 dan memiliki atrofi wajah ringan sampai sedang —kata lain untuk kulit menipis dan kulit kendur, terkait dengan kerusakan penuaan dan paparan sinar matahari.

Peserta studi semua mengikuti dua sesi pelatihan dan mempelajari 32 yoga wajah yang berbeda, yang masing-masing membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk melakukannya. Mereka diinstruksikan untuk melakukan latihan ini di rumah setiap hari selama delapan minggu. Setelah itu, mereka diminta untuk terus berlatih setiap hari.

Peserta dipotret pada awal penelitian, pada titik delapan minggu dan pada akhir 20 minggu. Setelah itu, foto-foto itu ditunjukkan kepada ahli kulit yang tidak mengetahui urutan pengambilannya. Mereka diminta untuk menilai 19 fitur wajah yang berbeda dan memperkirakan usia wanita di setiap foto.

Baca Juga:  Kebaikan dan Keburukan Jika Berolahraga Saat Hujan

Menurut penilaian dermatologists, pipi atas dan bawah wanita menjadi lebih baik selama penelitian berlangsung. Para wanita juga tampak lebih muda pada akhir program. Usia rata-rata yang dirasakan peserta adalah 50,8 sebelum latihan dimulai, 49,6 pada tanda delapan minggu, dan 48,1 setelah 20 minggu.

Penulis utama Murad Alam, MD, wakil ketua dan profesor dermatologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, mengatakan bahwa latihan wajah memperbaiki penampilan karena memperbesar dan menguatkan otot wajah. Wajah menjadi lebih kencang dan tampak lebih muda.

Susunan otot itu penting, karena kulit kehilangan elastisitas seiring bertambahnya usia dan bantalan lemak di antara kulit dan otot yang membentuk wajah, —wajah menjadi lebih kurus atau kendur.

“Dengan asumsi temuan ini dikonfirmasi dalam penelitian yang lebih besar, individu sekarang memiliki cara murah dan tidak beracun untuk terlihat lebih muda dan untuk menambah perawatan kosmetik, atau antipenuaan lainnya yang mungkin mereka cari,” kata Dr. Alam.

Para wanita dalam penelitian ini juga melaporkan bahwa mereka sangat puas dengan hasil latihan wajah mereka dan melihat perbaikan di hampir semua sisi dari 19 area wajah yang dinilai oleh para ahli dermatologi.

Rutinitasnya memakan waktu dan mungkin tidak untuk semua orang, yakni dari 27 wanita yang awalnya terdaftar dalam penelitian ini, sementara 11 lainnya keluar sebelum tahap kesimpulan.

Dr. Alam mengatakan bahwa latihan wajah mungkin sangat bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Berikut adalah dua contoh dari penelitian yang bisa Anda coba di rumah:

The Cheek Lifter: Buka mulut dan membentuk “O.” Kemudian tersenyum untuk mengangkat otot pipi ke atas, dan meletakkan jari dengan lembut di bagian pipi atas. Lepaskan otot untuk menurunkannya, lalu angkat kembali. Ulangi dengan menurunkan dan mengangkat pipi.

The Happy Cheeks Sculpting: Kulum bibir dan tersenyum tanpa menunjukkan gigi, memaksa otot pipi naik. Letakkan jari di sudut mulut, dan geser ke atas pipi. Tahan selama 20 detik.