Yoga Ternyata Bisa Mengatasi Demam

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup merepotkan adalah demam. Tak hanya membuat tubuh kita menjadi lebih hangat, demam juga bisa membuat tubuh menjadi lebih lemah, mudah lelah, dan lesu. Banyak orang yang bahkan terpaksa untuk cuti dari tempat kerjanya karena terkena penyakit ini dan hanya ingin berbaring di tempat tidur. Memang, dengan beristirahat, mengkonsumsi makanan sehat, dan meminum obat, kita bisa mengatasi demam. Namun, menurut pakar kesehatan, ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam. Cara tersebut adalah dengan melakukan yoga.

doktersehat-olahrag-yoga-sehat

Pakar kesehatan ternyata menyarankan yoga asanas dengan level yang ringan untuk menurunkan demam yang melanda dan berbagai gejala kesehatannya. Yoga asanas ini bisa kita lakukan dengan cara menerapkan beberapa teknik pernafasan yang akan membuat saluran pernafasan lebih terbuka. Alhasil, berbagai lendir yang pada awalnya menyumbat pernafasan dan membuat badan terasa tidak nyaman akan menurun jumlahnya. Tak hanya itu, jumlah leukosit di dalam tubuh juga akan meningkat dan hal ini akan berpengaruh besar bagi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Dengan melakukan yoga asanas ini, tubuh ternyata akan mengeluarkan hormon kortisol. Hormon kortisol atau hormon stress ini ternyata mampu melawan virus yang menyebabkan demam dengan efektif. Selain itu, melakukan yoga ternyata juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat sehingga kondisi tubuh pun akan semakin membaik.

Saat terkena demam, energi di dalam tubuh memang cenderung menyusut dengan signifikan sehingga kita pun merasa lemas dan lesu. Beruntung, gerakan yoga yang ringan ini ternyata tidak akan membuat energi di dalam tubuh semakin habis. Sebaliknya, yoga justru akan mampu menurunkan rasa sakit yang disebabkan oleh virus penyebab demam. Dengan melakukan yoga asanas ini, kita pun bisa semakin cepat dalam menyembuhkan demam.