Yoga Setiap Hari? Ini Dia 5 Manfaatnya

DokterSehat.Com – Yoga dianggap sebagai langkah pertama dalam spiritualitas umat Hindu, kata yoga berasal dari bahasa sansekerta yang berarti serikat atau bersatu dengan alam atau Sang Pencipta. Menurut Maharsi Patanjali, Bapak dari yoga, itu adalah cara untuk mengontrol bentuk keduniawian yang berkaitan dengan materi dalam jiwa manusia. Yoga dimaksudkan untuk membawa perdamaian dan keseimbangan dalam batin, agar bisa terlepas dari segala bentukkeduniawian. Yoga adalah kegiatan yang melibatkan pikiran dan tubuh dan digunakan untuk mencapai peningkatan kesehatan dan relaksasi.



Jika Anda pecinta yoga, maka Anda bisa melakukan yoga setiap hari. Ini dikarenakan menurut www.stylecraze.com, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan dan bisa lebih tenang secara pikiran dan mental, beberapa manfaatnya adalah :

  1. Mengatasi dan mencegah penyakit
    Cara sederhana menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit adalah dengan olahraga, tidak terkecuali yoga. Dalam yoga, Anda akan membersihkan diri, atau detoks tubuh dengan cara mengatur pernapasan. Hal ini bisa mengeluarkan racun dan memberi asupan oksigen lebih banyak pada tubuh sehingga organ di dalam tubuh bekerja lebih baik mencegah penyakit.
  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Yoga juga sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh, karena beberapa gerakan memberikan kesempatan pada tubuh untuk rileks dan memproduksi hormon endorphin lebih banyak yang dapat memperkuat sistem imun Anda. Selain itu juga oksigen masuk lebih banyak dan melancarkan peredaran darah.
  1. Manfaat kardio
    Yoga adalah olahraga yang tidak diragukan lagi dalam menjaga jantung dan paru-paru karena Anda akan banyak melakukan teknik pernapasan untuk merilekskan tubuh. Melakukan latihan yoga juga sekaligus menjauhkan Anda dari penyakit kardiovaskuler dan menurunkan tekanan darah tinggi.
  1. Melatih kekuatan dan kebugaran tubuh
    Yoga memiliki banyak gerakan yang menuntut Anda memiliki keluwesan tubuh dan fleksibilitas tinggi, sehingga postur tubuh lebih baik. Anda jadi menggerakkan tubuh lebih banyak dan menggunakan otot-otot yang jarang terpakai. Ini akan melancarkan peredaran darah karena Anda banyak melakukan peregangan otot dan sendi.
  1. Mengurangi stress dan meningkatkan fungsi kognitif
    Jika Anda melakukan latihan yoga, secara otomatis juga akan memberikan manfaat terhadap kestabilan emosi. Anda akan diajari menahan kesabaran dengan teknik pernapasan dan lain sebagainya. Hal ini akan menenangkan pikiran secara mental dan emosional.