Yoga Sangatlah Baik Bagi Penderita Diabetes

DokterSehat.Com – Yoga kerap kali dianggap sebagai salah satu olahraga yang bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan psikologis. Memang, yoga bisa membuat kita terbebas dari masalah stres atau depresi yang banyak terjadi pada masyarakat modern, khususnya yang tinggal di kota-kota besar. Namun, tahukah anda jika yoga ternyata juga akan sangat baik bagi penderita diabetes? Pakar kesehatan menyebutkan jika yoga mampu membuat pencegahan atau pengobatan bagi penderita diabetes.

shutterstock_139873150 copy

Pakar kesehatan menyebutkan jika yoga mampu mengurangi stres dengan signifikan dan hal ini ternyata berpengaruh besar pada pengendalian glukosa darah yang leih baik. Teknik pernafasan, memperbaiki postur tubuh, dan juga meditasi akan membuat tekanan darah dan kadar glukosa darah penderita diabetes menjadi lebih seimbang. Tak hanya itu, penderita diabetes juga akan mendapatkan berbagai kebaikan dari yoga seperti sebagai berikut.

Membuat Pankreas Lebih Sehat
Yoga akan melatih postur tubuh kita menjdai lebih baik dan membuat fungsi pancreas juga ikut meningkat. Alhasil, sel-sel pemproduksi insulin yang mengendalikan kadar gula dalam darah akan menjadi lebih aktif sehingga akan membuat kondisi kesehatan penderita diabetes menjadi lebih baik.

Menurunkan Berat Badan
Yoga akan secara efektif menurunkan berat badan. Padahal, berat badan yang ideal akan membuat penderita diabetes akan lebih baik dalam mencegah munculnya komplikasi pada jantung atau munculnya kanker.

Melatih Otot Tubuh
Yoga ternyata mampu membuat penyerapan glukosa pada sel otot meningkat dengan signifikan. Hal ini ternyata bisa berimbas pada penurunan kadar gula dalam darah, semakin meningkatnya sirkulasi darah, dan menurunnya resiko terkena penyakit kardiovaskular.

Meskipun memberikan banyak manfaat bagi penderita diabetes, pakar kesehatan juga masih menyarankan penderita diabetes untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sehingga bisa melakukan yoga yang tepat dan efektif bagi kondisi kesehatannya.