Yoga, Olahraga Terbaik Untuk Pasien Yang Baru Sembuh Dari Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Setiap wanita memiliki potensi terserang kanker payudara lebih besar daripada pria. Kanker payudara sendiri bisa muncul bahkan tanpa bisa diduga dan hal ini tentu saja membuat wanita perlu mewaspadai dan menjaga kesehatan tubuhnya terutama bagian dada.



Deteksi awal dan diagnosa sejak dini kanker payudara pada pasien akan mempermudah pengobatan sebelum kanker menyebar dan mengancam nyawa meski memang pada akhirnya banyak wanita yang harus merelakan payudaranya diangkat untuk bisa bertahan hidup. Nah, dalam masa penyembuhan inilah, ada beberapa olahraga yang bisa diterapkan oleh mereka yang baru saja sembuh dari kanker payudara.

Dilansir dari stylecraze.com, salah satu olahraga yang sangat cocok dan efektif mengembalikan kebugaran tubuh pasien setelah kanker payudara adalah latihan yoga. Penting sekali melatih tubuh untuk bergerak setelah pulang dari rumah sakit.

Olahraga relaksasi dan pelepas stres seperti yoga ini sangat diperlukan untuk pasien yang sembuh dari kanker payudara. Gerakan yoga yang halus dan tidak menghentak-hentak adalah cara paling baik untuk membiasakan kembali otot-otot yang tidak digunakan selama pengobatan berlangsung tanpa membuat Anda kelelahan.

Dalam latihan yoga, Anda juga akan melakukan banyak latihan pernapasan yang sangat baik untuk memberikan asupan oksigen ke dalam tubuh, membuat aliran darah lebih baik dan memudahkan tubuh membuang zat sisa yang tidak diperlukan.

Yoga juga memberikan efek positif menenangkan pikiran dan menerima perubahan dan berpikir positif tentang masa depan. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengikuti latihan yoga memiliki energi dan fungsi organ lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan yoga.

Jadi, bukan hanya orang biasa saja yang bisa melakukan yoga, para cancer survivors juga membutuhkan olahraga yang mampu membangkitkan semangatnya lagi.