Yoga dan Meditasi Ternyata Bisa Membantu Mengatasi Penyakit Bronkitis

DokterSehat.Com – Jika kita mengalami masalah batuk-batuk yang tak juga sembuh hingga waktu berbulan-bulan lamanya meskipun sudah dicoba untuk diobati, maka besar kemungkinan kita mengalami bronchitis kronis. Pakar kesehatan menyebutkan jika bronchitis adalah kondisi dimana terjadi paru-paru mengalami peradangan yang cukup parah. Meskipun bisa diatasi dengan berbagai obat-obatan dan juga inhaler, pakar kesehatan menyebutkan jika bronchitis adalah penyakit pemicu kematian ketiga terbesar di Amerika Serikat. Beruntung, banyak penelitian yang menyarankan kita melakukan yoga dan meditasi yang diyakini akan membantu pengobatan bronchitis selain menggunakan obat-obatan.

doktersehat-olahrag-yoga-sehat

Meditasi adalah sebuah olahraga yang bisa dilakukan dengan memfokuskan diri pada pernafasan yang dalam. Jika meditasi rutin dilakukan, maka kita bisa membuat paru-paru semakin kuat. Meditasi diyakini mampu membuat oksigen yang masuk ke dalam paru-paru lebih banyak dan hal ini akan semakin meningkatkan fungsinya sekaligus membantu mengatasi masalah bronchitis.

Sebagaimana meditasi, yoga juga akan membuat kita memfokuskan diri pada pernafasan dalam. Yang membedakan adalah, yoga juga membuat kita melakukan postur tubuh dengan baik dan tepat. Kombinasi antara postur tubuh yang baik dan pernafasan yang lebih baik akan secara langsung meningkatkan fungsi paru-paru.

Melakukan yoga atau meditasi secara rutin akan mengurangi jumlah lendir yang berlebihan pada saluran pernafasan secara signifikan. Alhasil, peradangan dan juga masalah bronchitis akan segera mereda. Salah satu teknik pernafasan yoga yang diyakini sangat baik untuk membantu mengatasi masalah bronchitis adalah teknik pernafasan kapalabhati yang akan membuat kemampuan pernafasan kita semakin membaik andai kita mengalami masalah batuk kejang.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan yoga setidaknya 20 menit dengan rutin andai kita ingin mengatasi masalah bronchitis pada saluran pernafasan.