Yang Terjadi Pada Wanita Setelah Melahirkan

DokterSehat.Com – Kelahiran sang buah hati adalah hari yang selalu ditunggu-tunggu oleh orang tua, apalagi jika yang dillahirkan adalah anak pertama. Rasa bahagia dan tak percaya kerap dirasakan oleh kedua orang tua, apalagi sang ibu. Namun, kelahiran bayi juga menjadi tanda dimana akan ada perubahan pada kehidupan sang ibu, termasuk diantaranya adalah kondisi kesehatan tubuhnya. Apa sajakah yang terjadi pada tubuh sang ibu setelah melahirkan?

doktersehat-nutrisi-gizi-bayi-balita

Hal pertama yang akan terpikirkan oleh ibu begitu mendapatkan kelahiran sang buah hati adalah apakah bentuk tubuhnya akan kembali seperti sedia kala? Sudah menjadi rahasia umum jika banyak ibu hamil yang menjadi lebih gemuk karena banyak mengkonsumsi makanan demi mengakomodasi asupan nutrisi janin. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika tidak ada jaminan ibu bisa mengembalikan bentuk tubuhnya seperti sedia kala atau seberapa cepat tubuhnya bisa kembali langsing.  Banyak ibu yang merasakan kesulitan untuk menurunkan berat badannya, namun, ingatlah bahwa semua tergantung pada pola makan dan gaya hidup sang ibu. Hanya saja, jangan korbankan nutrisi yang seharusnya bisa didapatkan bayi melalui ASI eksklusif hanya karena kita ingin melakukan diet ketat.

Menyusui menjadi hal berikutnya yang akan langsung terpikirkan begitu mendapatkan kelahiran sang buah hati. Kini, semakin banyak ibu yang menyadari pentingnya memberikan ASI eksklusif bagi sang bayi demi perkembangan tubuh dan kesehatan maksimal sang bayi. Sebagai catatan, ibu membutuhkan setidaknya 400 hingga 500 kalori lebih banyak dari kebutuhan normal demi mengakomodasi kelancaran produksi ASI. Jadi, selain makanan sehari-hari, ibu menyusui juga harus menjaga asupan makanan dan camilan sehat dan seimbang setiap hari. Untungnya, kegiatan menyusui ternyata bisa membakar kalori sehingga tidak membuat ibu khawatir tubuhnya akan semakin menggemuk.

Baca Juga:  Suka Menonton Film Action? Awas Resiko Terkena Obesitas Meningkat

Ibu hamil sebaiknya merawat bayinya dengan sepenuh hati, namun, Ia juga harus merawat kesehatan tubuhnya sebaik mungkin sehingga tidak boleh lupa merawat dirinya sendiri. Dukungan suami jelas sangat penting demi menjaga kesehatan ibu dan buah hatinya. Selain menjaga konsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, atau bahkan olahraga yang rutin jelas harus selalu dilakukan oleh sang ibu.