Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Menahan Kentut

DokterSehat.Com – Meskipun termasuk dalam hal yang cukup normal terjadi pada manusia, tentu kita tidak boleh sembarangan mengeluarkan kentut, khususnya di depan orang banyak, apalagi orang tua. Bau kentut yang menyengat bisa membuat orang lain merasa jijik dan menganggap hal ini sebagai sesuatu yang sangat tidak sopan. Karena alasan inilah banyak orang yang sebisa mungkin menahan kentut. Namun, pakar kesehatan justru menyarankan kita untuk tidak sering-sering menahan kentut karena tidak baik untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah alasan mengapa sebaiknya kita tidak menahan kentut?

doktersehat-pantat-kentut

Kentut sendiri berasal dari proses fermentasi makanan pasa saat melewati usus. Proses fermentasi ini melibatkan banyak bakteri baik dan pada akhirnya ikut memproduksi gas dengan aroma yang menyengat dan kurang enak. Karena berasal dari proses pencernaan yang normal, pakar kesehatan dari NYU Langone Medical Center pun menyarankan kita agar tidak menahan kentut. Alih-alih menahannya, cobalah beranjak ke tempat yang lebih sepi dan segera keluarkan kentut ini. Bagaimana tidak, jika kita menahan kentut, kita akan cenderung membuat masalah pada perut kita, khususnya nyeri perut atau bahkan kembung. Rasa nyeri pada perut ini sendiri berasal dari kandungan hidrogen sulfida pada kentut yang bisa membuat dinding usus tertekan dan kaku.

Sebenarnya, ada cara lain untuk meminimalisir bau kentut agar tidak terlalu bau sehingga saat kita mengeluarkan kentut, tidak akan ada banyak orang yang terganggu. Caranya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang kaya akan lemak dan rasa pedas. Hal ini dikarenakan kedua jenis makanan ini cenderung membuat proses pencernaan kita memproduksi karbondioksida dengan jumlah yang cukup banyak dan memicu bau menyengat pada kentut kita.