Yang Sebaiknya Dilakukan Orang Tua Andai Anaknya Terkena Flu dan Batuk

DokterSehat.Com – Belakangan ini hujan cukup sering turun sehingga suhu udara pun cenderung lebih dingin bagi biasanya. Bagi orang tua, musim hujan sebaiknya membuat mereka menjadi lebih waspada karena penyakit ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan pada anak layaknya flu dan batuk. Sebagai informasi, anak-anak dengan usia balita memang cukup rentan terkena masalah kesehatan tersebut karena sistem kekebalan tubuh mereka masih belum benar-benar sempurna.

doktersehat-anak-kid-children-sakit-flu-demam-fever-batuk-kering

Banyak orang tua yang khawatir dengan kondisi anaknya yang terkena flu dan batuk. Tak hanya terlihat lemas, anak juga biasanya akan cenderung tidak doyan makan dan pada akhirnya menjadi lebih kurus. Orang tua pun sebaiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter agar anak bisa segera sembuh. Selain itu, lakukan pula hal-hal berikut agar anak bisa kembali sehat dengan cepat.

Flu kerap kali membuat hidung anak tersumbat sehingga pernafasannya pun menjadi lebih terganggu. Untuk mengatasinya, kita bisa menyiapkan semangkuk air panas dan mintalah anak untuk menghirup uap panasnya. Jika perlu, campurkan air panas tersebut dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Andai anak menghirup uap panas ini setidaknya 15 menit saja, maka saluran pernafasannya menjadi lebih lega dan hal ini bisa membuat anak tidak terlalu rewel.

Orang tua juga sebaiknya memberikan pijatan atau usapan lembut pada area dada, telapak tangan, hingga telapak kaki anak dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Adanya pijatan atau usapan ini bisa membuat anak merasa lebih nyaman dan hangat. Selain itu anak juga sebaiknya diminta untuk meminum madu agar gejala flu dan batuknya cepat mereda.

Satu hal yang tidak boleh ditinggalkan oleh orang tua saat anak mengalami flu dan batuk adalah memastikannya mendapatkan air minum yang cukup dalam sehari. Andai Ia kerap bersin-bersin atau mengalami batuk, mintalah anak meminum air putih agar tenggorokannya lebih tenang dan peradangannya pun bisa sedikit mereda.