Yang Perlu Diperhatikan Wanita Saat Membersihkan Organ Vitalnya

DokterSehat.Com – Organ vital wanita adalah salah satu area tubuh yang harus selalu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Bagaimana tidak, andai area ini tidak dijaga dengan benar, maka akan ada resiko terkena iritasi atau bahkan infeksi vagina. Memang, banyak wanita yang sudah rutin membersihkan area organ vitalnya pada saat mandi dengan sabun khusus. Namun, ada baiknya kaum hawa juga memperhatikan hal-hal berikut agar area organ vitalnya benar-benar terjaga dengan baik.

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Tak perlu harus memakai sabun khusus dengan wewangian
Pakar kesehatan Jessica Shepherd, MD, yang berasal dari University of Illinois, Chicago, Amerika Serikat, menyebutkan jika kadar pH pada area organ vital wanita sangat berbeda dengan bagian kulit lainnya, yakni sekitar 3,5 hingga 4,5. Padahal, banyak sabun mandi yang memiliki kadar pH hingga angka 8. Karena alasan inilah organ vital wanita sebaiknya dicuci dengan sabun khusus area organ vital agar tidak mudah mengalami ketidakseimbangan pH yang bisa memicu iritasi, gatal-gatal, hingga bau yang tidak sedap. Hanya saja, ada baiknya wanita tidak membeli sabun dengan wewangian khusus karena sabun jenis ini biasanya bisa memicu iritasi.

Lakukan dengan rutin sehari sekali
Shepherd menyarankan kaum hawa untuk rutin membersihkan area organ vital setidaknya sekali sehari agar mampu membersihkan berbagai sisa sekresi dan juga keringat di tempat tersebut. Dengan membersihkan bagian tersebut secara rutin, maka kita pun akan membuat keseimbangan pH tetap terjaga dengan baik. Hanya saja, ada baiknya kita hanya membersihkan bagian luar dan bawah dari organ vital wanita atau yang kerap kita sebut sebaga bagian vulva. Sementara itu, bagian dalam atau yang kerap disebut sebagai vagina sebaiknya tidak dibersihkan karena secara alami sudah memiliki kemampuan pembersihan.

Baca Juga:  Kawasaki

Jangan memakai alat khusus bernama douche
Alat khusus bernama douche yang mampu mengalirkan air ke bagian dalam vagina justru akan membuat semua bakteri, termasuk bakteri baik dan bakteri jahat hilang dari organ vital wanita. Hal ini justru akan membuat kadar pH pada organ vital wanita menjadi sangat tidak seimbang dan kita beresiko mengalami berbagai masalah kesehatan.