Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sabun Khusus Kewanitaan

DokterSehat.Com – Mengingat organ vital wanita memiliki kesensitifan yang berbeda dengan bagian tubuh lain, tentu area ini harus dirawat dengan cara yang khusus dan detail. Tahukah anda organ intim kewanitaan ternyata memiliki resiko yang cukup tinggi untuk mengalami pertumbuhan jamur dan bakteri yang sangat berlebihan jika tidak dirawat dengan baik. Hal ini tentu akan bisa memicu masalah penyakit kulit pada organ vital di kemudian hari. Untuk mengatasinya, tentu kaum hawa sebaiknya memakai sabun khusus kewanitaan yang bisa membersihkan organ vital dengan baik. Hanya saja, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kaum hawa juga harus teliti dalam memilih sabun ini dengan memperhatikan hal-hal berikut.

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Salah satu kunci organ vital wanita yang sehat adalah dengan memiliki aroma yang segar dan wangi. Sayangnya, banyak kaum hawa yang berpikir jika aroma ini bisa didapatkan dengan memakai sabun khusus kewanitaan yang kadangkala memiliki wangi yang cukup menyengat. Menurut pakar kesehatan, sabun dengan aroma menyengat ini justru berbahaya mengingat hal ini mengindikasikan banyaknya bahan kimia yang dipakai. Alih-alih membuat sehat, dikhawatirkan sabun yang sangat wangi ini bisa memicu iritasi atau bahkan alergi. Untuk menghindarinya, ada baiknya kita memilih sabun dengan aroma yang cukup ringan saja.

Dalam sabun kewanitaan tentu kita bisa melihat label kandungannya. Disinilah kaum wanita harus jeli memperhatikan beberapa bahan pembuat sabun ini. Sebagai contoh, ada baiknya sabun khusus kewanitaan memiliki kandungan asam laktat yang mampu menjaga keseimbangan organ vital. Selain itu, sabun juga sebaiknya memiliki glycerin atau humektan yang bisa membuat area organ vital tetap lembab dan tidak kering. Bahan kaprat gliserida yang juga ikut mendukung kelembaban vagina juga sebaiknya ada dalam sabun organ kewanitaan.

Baca Juga:  Ingatlah Selalu Untuk Melihat Label Makanan Sebelum Dibeli

Selain bahan-bahan di atas, kandungan sabun kewanitaan yang harus diperhatikan adalah kandungan sodium lauryl sulfat. Memang, kandungan ini bisa menghilangkan bakteri pada organ vital wanita, namun, pastikan bahwa kandungan ini tidak berjumlah terlalu banyak karena jika iya, maka kulit organ vital wanita beresiko mengalami ruam-ruam dan iritasi.