Yang Bisa Kita Lakukan Saat Diare Menyerang

Salah satu masalah pencernaan yang paling sering terjadi adalah diare. Diare bisa saja muncul karena kita mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, mengalami keracunan makanan, atau bahkan yang cukup parah adalah karena adanya infeksi virus. Banyak orang yang menderita diare karena bisa merasakan mulas yang tak kunjung berhenti sehingga membuat mereka bolak-balik ke kamar mandi. Tak hanya itu, buang air besar juga akan sangat menyiksa karena kotoran yang lebih cair dan seringkali harus dilakukan dalam waktu yang lama?

doktersehat-diare-penyakit-perut-bakteri-mencret

Diare bisa membuat seseorang kehilangan cairan tubuh dengan signifikan sehingga berpotensi membuat penderitanya mengalami dehidrasi. Karena alasan inilah kita harus segera mengobati diare dengan segera. Ada banyak sekali cara untuk mengatasi diare seperti meminum obat diare yang banyak tersedia di apotek atau bahkan meminum ekstrak daun jambu biji yang memang sudah dikenal luas mampu mengatasi diare. Namun, ada baiknya kita melakukan hal-hal ini saat diare menyerang.

  • Karena banyak cairan tubuh yang menghilang, maka kita sebaiknya ulai memperbanyak minuman, khususnya yang kaya akan kandungan elektrolit. Air putih sangat disarankan untuk menghindari dehidrasi namun air campuran lemon juga akan menjadi pilihan yang bijak saat diare menyerang.
  • Cobalah meminum kopi hitam. Banyak orang yang telah membuktikan khasiat kopi hitam yang bisa mengatasi diare dengan cepat.
  • Minuman lain yang bisa kita konsumsi untuk mengatasi penyakit diare adalah campuran antara yoghurt dan juga jinten. Campuran minuman ini bisa dengan cepat meredakan diare sekaligus mengembalikan kadar elektrolit di dalam tubuh.
  • Sebaiknya saat diare kita mulai menghindari makanan yang berserat yang bisa membuat diare menjadi lebih parah. Tak hanya itu, cobalah untuk menghindari beberapa produk susu dan olahan susu, kecuali yoghurt. Yoghurt diyakini akan secara efektif membuat usus menjadi lebih sehat karena banyaknya bakteri sehat yang terkandung di dalamnya. Hal ini justru bisa membuat masalah diare menjadi lebih reda.