Yang Bisa Kita Lakukan Jika Telinga Kemasukan Air

DokterSehat.Com – Jika kita sedang tidak beruntung, kita bisa tanpa sengaja memasukkan air ke dalam telinga kita di saat kita mandi atau berenang. Jika hal ini terjadi, kita tentu akan merasa sangat tidak nyaman karena adanya air di dalam telinga ini bisa menurunkan pendengaran hingga membuat sensasi aneh pada kepala atau bahkan pusing-pusing. Kadangkala air bahkan bisa muncul hingga dalam waktu yang cukup lama. Lantas, apakah ada cara agar telinga kita bisa disembuhkan dari masalah kemasukan air?

doktersehat-telinga-masuk-air-gatal-jerawat

Cara pertama yang bisa kita lakukan jika telinga kita kemasukan air adalah dengan mengelap telinga, khususnya dekat dengan area lubang telinga dengan memakai bahan air. Meskipun terlihat kurang efektif, bisa saja kain halus bisa menyerap beberapa kandungan air pada daun telinga dan sedikit demi sedikit telinga bisa menjadi lebih nyaman karena air yang masuk ke dalam telinga mulai berkurang.

Jika air masih juga belum keluar dari kepala, cobalah untuk memiringkan kepala ke samping saat kita berdiri. Jika diperlukan, cobalah untuk sedikti melompat agar air yang ada di dalam telinga bisa terdorong keluar dan tariklah daun telinga. Andai hal ini juga masih belum berhasil, cobalah untuk berbaring dengan posisi kepala yang tersumbat air dimiringkan sehingga gaya gravitasi diharapkan bisa mengeluarkan air di dalam telinga.

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan air dari daun telinga adalah dengan menguap. Meskipun terlihat sepele, menguap akan membuat air di dalam telinga cenderung semakin terbebas sehingga membuat masalah air yang terjebak pada telinga bisa diselesaikan. Selain itu, pakar kesehatan juga menyarankan kita yang kemasukan air sebaiknya mengunyah sesuatu layaknya camilan sehat karena dengan mengunyah, apalagi jika dikombinasikan dengan posisi tidur yang miring untuk mengatasi masalah telinga kemasukan air ini.