Yang Bisa Dilakukan Dalam Mencegah Cedera Pada Selangkangan

DokterSehat.Com – Cedera selangkangan atau yang kerap disebut sebagai cedera pangkal paha biasanya disebabkan oleh tarikan atau ketegangan otot yang terjadi saat melakukan olahraga atau beberapa aktivitas fisik lainnya. Andai cedera ini muncul, maka kita pun bisa merasakan rasa nyeri pada selangkangan hingga sensasi kaku pada area paha dalam. Hal ini tentu akan berpengaruh pada munculnya rasa sakit saat berjalan atau mengangkat lutut.

doktersehat-handuk-kering-bahaya-organ-vital-wanita-paha-gatal

Seringkali, cedera selangkangan ini terjadi karena kita melakukan aktivitas fisik tanpa melakukan pemanasan. Alhasil, otot-otot yang ada pada area paha dalam cenderung kaget karena langsung dipaksa melakukan aktifitas fisik yang cukup intens. Karena alasan inilah, ada baiknya kita meningkatkan intensitas aktifitas fisik secara bertahap demi mencegah munculnya cedera ini. Selain itu, gunakan pula alas kaki yang nyaman andai kita ingin melakukan olahraga layaknya jogging atau berlari.

Cedera selangkangan ini bisa dibagi menjadi tiga jenis menurut tingkat keparahannya. Yang pertama adalah, cedera selangkangan yang memberikan rasa nyeri namun hanya membuat kita kehilangan kekuatan dalam menggerakkan kaki. Yang kedua adalah andai kita mulai mengalami rasa nyeri, kehilangan kekuatan, hingga terjadinya kerusakan jaringan. Yang terakhir adalah cedera selangkangan yang menyebabkan robekan pada otot dan biasanya disertai dengan rasa nyeri yang sangat parah.

Memang, cedera pangkal paha ini bisa sembuh dengan sendirinya karena tubuh mampu memulihkannya secara alami. Namun, ada baiknya kita juga melakukan beberapa hal untuk membuat rasa sakit yang mendera menjadi lebih tenang. Sebagai contoh, kita bisa kerap melakukan kompres pada bagian paha dalam dengan memakai es batu. Kompres ini bisa membantu menurunkan rasa sakit dan pembengkakan. Kita bisa melakukan kompres es setidaknya selama 20 hingga 30 menit setiap beberapa jam selama dua hingga tiga hari. Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memakai perban elastis dan juga menggunakan obat pereda nyeri. Namun, satu hal yang pasti adalah, kita harus berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan saran yang bisa kita lakukan agar masalah cedera selangkangan ini segera mereda.