Wow, Pria Ini Hidup Dengan Dua Jantung

DokterSehat.Com– Pernahkah anda membayangkan untuk memiliki dua jantung di dalam tubuh? Hal yang sepertinya tidak masuk akal ini ternyata benar-benar terjadi di India. Pria yang dipanggil Suresh dari Kerala, India ini benar-benar hidup dengan dua jantung di dalam tubuhnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi dan apakah hal ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatannya?

doktersehat-kesehatan-jantung

Semua berawal dari kondisi gagal jantung yang dialami oleh pria berusia 45 tahun ini. Demi menyelamatkan nyawanya, pihak rumah sakit Kovai Medical Center and Hospital di Coimbatore, India, pun harus melakukan operasi transplantasi jantung heteroptik yang sangat jarang dilakukan sebelumnya. Dalam proses transplantasi jantung ini, jantung pasien tidak akan diambil terlebih dahulu sebelum ada jantung donor yang dipasangankan. Jantung donor juga harus dipastikan cocok dengan tubuh pasien dan tidak mengalami penolakan. Beruntung, operasi yang dilakukan pada tanggal 30 Mei 2017 lalu ini berhasil dilakukan dan membuat Suresh memiliki dua jantung di dalam tubuhnya.

Dr. Prasanth Vaijyanath yang merupakan konsultan bedah-kardio toraks dari rumah sakit Kovai Medical Center and Hospital, menyebutkan jika operasi ini harus dilakukan mengingat Suresh mulai mengalami tekanan paru-paru yang sangat tinggi. Karena kondisi ini, Ia pun tidak mampu melakukan operasi transplantasi jantung biasa dimana sebelum jantung donor dipasang, jantung aslinya dikeluarkan terlebih dahulu.

Yang menarik dari prosedur operasi transplantasi jantung yang dilakukan pada Suresh adalah jantung donornya ternyata berasal dari tubuh wanita. Ukuran jantung donor ini juga lebih kecil dari jantung milik Suresh. Beruntung, ukuran jantung ini ternyata sangat cocok ditempatkan di dada Suresh meskipun di rongga dada ini masih ada jantung aslinya. Kini, jantung asli Suresh ini hanya bekerja 10 persen saja dan sisa tugasnya dilakukan oleh jantung donor yang bekerja dengan sangat baik.